***********-***********

Mbak Leni yt....,
Coba simak pendapat saya secara keseluruhan,
apakah saya melarang orang memakai jilbab?? tidak khan??

Saya tetap menghargai dan mempersilakan orang yg mau menggunakan jilbab.
Perlu mbak Leni ketahui, beberapa Bulik (bibi) saya juga menggunakan
jilbab..
Beberapa sahabat saya dan istri sahabat saya juga berjilbab, tidak ada
masalah..
Kami tetap bersahabat, bersilaturahmi dan saling tolong....

Bagi mereka, jilbab itu bukan untuk tuntutan "memenuhi standar Allah",
melainkan
untuk "kerelaan mempersembahkan diri secara lebih" kepada Allah dan
kemauan mengikuti "style" Arab, bukan "kebarat-baratan"...
Keinginannya dari dalam diri.. bukan paksaan dari luar....

Jadi, menurut saya, tidak perlu dipaksakan HARUS pakai jilbab buat yg
"belum memiliki kerelaan"...Itu wujud menghargai perbedaan, khan?? Itu
aja...

Saya pernah bekerja di 4 perusahaan cukup besar yg berbeda di Jkt...
tapi semuanya tidak ada larangan penggunaan jilbab, saya lihat bbrp pake
jilbab
Di mana ya ada larangan pakai jilbab?
Kalau di Baywatch mungkin juga, kalau pake jilbab nanti malah tenggelam...
:o)

Semoga memahami.

Salam,

AI

----- Leni Harahap [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: 25 Oktober 2004 17:51

BOLEH IKUT NIMBRUNG

> Nggak ngotot, koq mbak... :o)
> Saya ingin gagasan tsb ada pada proporsi yg sesuai utk semua pihak...

LH : Proporsi yang sesuai untuk semua pihak itu seperti apa sich ...???

> Khan, saya tidak menolak yg mau pake jilbab.. Silakan saja...

LH : Kalau saja semua orang berpikiran seperti itu tentulah bahagia sekali
seluruh muslim di Indonesia. Masalahnya, meskipun jumlah penduduk Indonesia
mayoritas Muslim, tapi aku kadang sampai menangis melihat sahabat2 yang
harus bekerja atau sekolah buka tutup jilbab nya... Entah dimana toleransi
itu harus diletakkan dinegeri ini ?

> Hanya saja, jangan dipaksakan untuk dipakai semua wanita...

LH : Ini berlaku untuk wanita Muslim, tidak ada keterikatan untuk yang
bukan Muslim, tidak ada paksa-an kok...... Ada firmanNya dalam kitab suci
umat Islam, jadi sebenarnya jika kita berani berikrar sebagai Muslim
selayaknya kitab suci nya pun kita pahami, tentu perlu proses jadi dimulai
saja dari hal2 yang kecil dan yang terdekat dengan kita ...

> dengan alasan apapun, termasuk dalih "standar Allah"...itu saja...

LH : Katanya harus menghargai perbedaan ???
Bukannya Mas Arriko yang bilang beberapa waktu yang lalu ? Tapi menurut
saya yang lebih layak adalah setiap agama pasti berbeda, spirit dan
ritualnya beda, tapi yang terpenting adalah mengobarkan semangat toleransi
dan memahami serta menghargai perbedaan itu, itulah yang paling penting...
Termasuk menghargai mereka yang berjilbab untuk bekerja dan sekolah memakai
pakaian yang mereka inginkan, toch tidak mengganggu aktifitas mereka
kok....

Udah dulu yach.... Selamat berbuka puasa...

Wassalam,
Leni

http://us.click.yahoo.com/J8kdrA/y20IAA/yQLSAA/BRUplB/TM

Baik, in Commonality & Shared Destiny. www.ppi-india.uni.cc