> Från: "RM Danardono HADINOTO" <[EMAIL PROTECTED]>
> Datum: 2004/11/04 Thu AM 09:42:31 CET
> Till: [EMAIL PROTECTED]
> Ämne: [ppiindia] Re: Perbedaan Tidak Harus Menimbulkan Korban

Agaknya RRT tidak homogen. Seingat saya waktu ngluyur dulu saya lihat uang kertas
mereka ada tulisan dalam 4 bahasa dengan alpabetnya sendiri, mununjukan ada grup-grup
bangsa dan suku bangsa.

Satu hal yang mereka mempunyai kesamaan selain etnik ialah mereka tidak mencampuri
urusan negara dengan urusan agama. Agaknya agama adalah urusan pribadi dengan Tuhan
masing-masing.

Ada hal yang istimewa ialah misalnya Jepang termasuk negeri yang  angka-angka
kriminalitasnya paling rendah didunia, padahal menurut agama kita di Indonesia mereka
ini penyembah berhala patung Buddha.

Semua orang agaknya patuh peraturan dan berdisiplin, contoh yang palin terakhir ialah
mengenai mobile phone dilarang dipakai dalam subway, autobus atau sinkasen [bulet
train], semua orang tidak pakai.

Singkatnya adakah sesuatu yang bisa dipelajari dari mereka oleh kita orang Indonesia
yang ribut-ribut ini dengan hal-hal yang sebenarnya asing bagi kita sendiri?

WebMail från Tele2 http://www.tele2.se

http://us.click.yahoo.com/L5YrjA/eSIIAA/yQLSAA/BRUplB/TM

Baik, in Commonality & Shared Destiny. www.ppi-india.uni.cc