From: Lina Dahlan [mailto:[EMAIL PROTECTED]
Sent: Monday, December 06, 2004 6:03 PM
To: [EMAIL PROTECTED]
Subject: [ppiindia] Re: TV Muslim Pertama Mulai Mengudara di Amerika

Kalau memang India seperti apa yang Mas Izham sampaikan, saya
sepakat bahwa India mengenal sistem rahmatan lil a'lamin juga.
Selama ini saya hanya mengetahui bahwa India merupakan negara yang
penuh dengan pertentangan antara agama dan ras juga. Maaf sekali
kalau pendapat saya selama ini salah.

Saya kira di Indonesia ini sistem rahmatan lil a'lamiin nya masih
berupa slogan, belum di aplikasikan karena hukumnya belum kuat.

Wassalam,

--- In [EMAIL PROTECTED], Zamhasari Jamil <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> Salam,
>
> Mbak Lina, saya kira India juga mengenal sistem Rahmatan Lil
Alamien ini. Seperti diketahui
> bahwa India adalah negara yang tidak mengikutkan agama dalam
sistem pemerintahannya. Semua agama dipersilakan untuk tumbuh dan
berkembang di  India. Tak heran, bila ada 4 agama yang dilahirkan
dari tanah India ini. Yaitu agama Hindu, Budha, Sikh dan Jain.

> Kembali ke soal TV Islam yang mengudara di USA. Di India, semua
agama-agama tadi boleh dikata memilik canel TV masing-masing. Dan
ini bukan hal baru lagi di India. Maka, bila USA yang kini
mempersilakan TV Islam untuk mengudara dan kemudian USA disebut
mengenal sistem Rahmatan Lil Alamien, maka bila ini yang menjadi
acuan, berarti India jauh lebih dulu mengenal sistem Rahmatan Lil
Alamin tersebut.

> Bagaimana dg di Indonesia? "selera" kita dengan "selera" orang
India ini berbeda. India, meski tak memiliki menteri agama, akan
tetapi persoalan yang terjadi antar umat beragama dapat diselesaikan
oleh pemuka-pemuka dari setiap agama tersebut. Mengingat pemuka-
pemuka agama di India ini memiliki pengaruh yang cukup kuat di
lingkugan penganut agama tersebut. Maka dari itu, tak perlu
dipersoalkan ttg ketiadaan departemen yang mengurusi permasalahan
agama dalam pemerintahan India ini.

> Bagi masyarakat kita Indonesia, pemuka-pemuka agama di Indonesia
tidaklah memiliki pengaruh yang begitu besar dalam masyarakat kita.
Sehingga kita tak bisa membayangkan kondisi keberagamaan di
Indonesia bila tak ada departemen agama dalam pemerintahan kita.
Adanya departemen agama ini saja masih banyak persoalan yang tak
dapat diselesaikan, apalagi kalau departmen ini ditiadakan.

> Maaf, cerita saya udah ngelantur kemana-mana, ya namanya aja belom
makan siang, hehehe.
> Wassalam,
>
> IzaM -
>
> Ya betul Pak, Islam mesti akan berkembang pesat dialam kebebasan
> tapi rasanya bukan demokratis yang ada. Contoh Aljazair dan Turki
> Demokrasi selama ini hanya slogan selama belum menghegemoni aja.

Berdikusi dg Santun & Elegan, dg Semangat Persahabatan. Menuju Indonesia
yg Lebih Baik, in Commonality & Shared Destiny. www.ppi-india.uni.cc

http://us.click.yahoo.com/Q7_YsB/neXJAA/yQLSAA/BRUplB/TM