Salam,

Bung Abi, gimana dengan si kecil, Zahra? Moga sehat selalu ya, Zahra.

Saya sepaham dengan bung Abi ini. Hanya saja, saya tetap melihat
bahwa nikmat atau pahitnya NU itu hanya dimiliki oleh sebagian orang.
Atau lebih tepatnya, hanya "dimiliki" oleh rekan-rekan yang berasal
dari pulau Jawa, Gusdur dan pengikut-pengikutnya. Sedangkan di
wilayah sumetara atau lebih tepatnya di Riau, menurut pengamatan saya
yang masih ingusan ini bahwa keberadaan atau ketiadaan NU itu sama
saja. Sebab, NU di Riau tidak memberikan kontribusi apa-apa kepada
masyarakat.

Berbeda dengan Muhammadiyah yang kesannya lebih cekatan dalam
menyentuh kebutuhan masyarakat. Memang, Gusdur pernah mengklaim bahwa
lembaga yang tak "tercantum" Muhammadiyahnya, ini berarti milik NU.
Tapi, saya kira, fatwa Gusdur yang semacam ini hanyalah fatwa murahan
semata.

Saya memang bukannya termasuk kedalam kelompok NU atau Muhammadiyah
secara formal, tapi kalau yang menjadi standar adalah berqunut atau
tidak berqunut, jelas saya masuk kedalam kelompok NU, tapi saya
sendiri tak merasa sebgai seorang NU, sebab, karena itu tadi, NU di
Riau belum mampu menyentuh kebutuhan masyarakat.

Tak heran, begitu gaung muktamar NU ini begitu terasa besar, tapi
sepertinya yang "berantem" itu sendiri, ya, mereka-mereka juga. KIYAI
vs KIYAI. Bagaimana dengan NU cabang, khususnya di Riau? Saya tak
melihat adanya berita-berita mengenai NU cabang Riau. Ini bisa saja
terjadi, sebab keberadaan NU di sana sama saja dengan ketiadaannya.
Mohon diclearkan bila saya salah mencermati.

Wassalam,

IzaM -
New Delhi.

--- In [EMAIL PROTECTED], abie zahra <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Tapi kalo menurut saya pribadi baik NU maupun Muhammadiyah punya
kontribusi yg cukup besar bagi perkembangan masyarakat Indonesia
khususnya umat Islam. Karena bagaimanapun baik NU maupun Muhammadiyah
tetap sebagai aset Nasional.

http://us.click.yahoo.com/L5YrjA/eSIIAA/yQLSAA/BRUplB/TM