Soal tsunami, ternyata orang India cukup tanggap.
Tadi pagi saya terima ucapan ikut prihatin dari Dr.
Gubaxani, dari De Souza, dan isteri saya dari Ny.
Lajoo Malwani.  Saya jawab terima kasih, dan saya
katakan saya ikut mikir tentang 1,800 orang India
pesisir timur yang meninggal dan ribuan lainnya
kehilangan harta dan tempat tinggal.

Soal Ave Maria, saya ralat, bukan ciptaan Johann
Sebastian Bach (dia ini memang banyak menciptakan
musik baroque), tapi yang ini ciptaan Franz Schubert.
Ini lho lirik lagunya:

Ave Maria
Gratia plena
Maria, gratia plena
Maria, gratia plena
Ave, ave dominus
Dominus tecum
Benedicta tu in mulieribus
Et benedictus
Et benedictus fructus ventris
Ventris tuae, Jesus.
Ave Maria

Ave Maria
Mater Dei
Ora pro nobis peccatoribus
Ora pro nobis
Ora, ora pro nobis peccatoribus
Nunc et in hora mortis
Et in hora mortis nostrae
Et in hora mortis nostrae
Et in hora mortis nostrae
Ave Maria

Musik orgel yang dimainkan ketika penganten memasuki
gereja, kalau tidak salah itu ciptaan Wagner.  Karena
instrumental, tentu saja liriknya tidak ada (untuk
mudahnya saya tidak tahu).

Tentang Winetou Gugur, itu buku karangan Karl May.
Yang sayua baca waktu saya kecil itu terjemahan Abdul
Muis terbitan Balai Pustaka.  Karl May ini ternyata
belum pernah menginjakkan kaki di Amerika.  Tetapi dia
mampu menyebut setiap kota kecil di Wild West.  Begitu
percayanya saya kepada Karl May, sampai-sampai saya
masih hapal benar, bahwa sepatu Indian = mocasin,
kapak Indian = tomahawk, kemah Indian = wig wam, dll
detail.  Waktu itu kalau tidak salah bukunya hanya
satu jilid, tapi tebal sekali.  Nggak tahu sekarang.

Tentang rumah saya, bisa masuk dari Jalan Fatmawati,
bisa juga dari Jalan Antasari.  Kalau dari Antasari,
belok ke Jalan Gaharu I.  Simpangan pertama belok kiri
lalu ada lapangan, lalu belok kiri, itu nama jalan
Jalan MPR (mungkin III) diujungnya ada gerbang
bertuliskan Kompleks MPR)-- jangan masuk kesitu, tapi
belok kiri jalannya menanjak -- itulah Jalan MPR III
Dalam.  Rumah saya paling ujung sebelah kiri, ada
pohon rambutannya.  Saya baru pulang tanggal 10
Januari 2005.

Salam,
RM

 --- Aminta Ginting <[EMAIL PROTECTED]>