Panglima TNI Jenderal Endriartono Sutarto:
Ketika bencana terjadi, saya merasakan peralatan yang dimiliki TNI sangat
terbatas. Kita hanya punya enam Hercules dan helikopter Puma yang terbatas
geraknya. Ketika Panglima Angkatan Bersenjata Australia Peter Cosgrove
menyampaikan bahwa Australia akan memberikan bantuan air, makanan, dan
obat-obatan, saya katakan bahwa kalau memungkinkan pesawat Hercules
pengangkutnya juga ditinggalkan beberapa saat untuk melakukan misi kemanusiaan.

Pada awalnya, dia mengatakan bahwa itu tidak dalam program, tetapi kemudian
Australia mau meminjamkan empat Herculesnya. Demikian pula ketika berbicara
dengan Panglima Angkatan Bersenjata Singapura, saya katakan kalau memungkinkan
bisa juga diperbantukan helikopter Chinook mereka. Bahkan saya menelepon
Panglima Armada Pasifik Amerika Serikat Laksamana Thomas Fargo untuk membantu
mengerahkan 17 helikopter Sea King. Laksamana Fargo mengatakan bahwa ia tidak
bisa menjawab langsung. Ia butuh waktu satu jam untuk memberikan jawaban.
Akhirnya jawabannya oke.

------ Berita Selengkapnya ada di bawah ini-------

Budiman

Panglima TNI Jenderal Endriartono Sutarto:
Selamatkan Kepentingan yang Lebih Besar

Banda Aceh, Kompas - Setelah lebih dari tiga minggu bencana tsunami terjadi di
Nanggroe Aceh Darussalam dan Sumatera Utara, kemajuan penanganan pascabencana
mulai terasakan. Setidaknya di Banda Aceh dan Aceh Besar, keadaan kota mulai
tertata kembali.

Pusat kota Banda Aceh mulai menunjukkan kehidupan setelah puing-puing yang
semula mengotori kota dipindah ke daerah Ulee Lheue. Penerangan kota mulai
hidup sehingga Banda Aceh tidak lagi gelap gulita.

Meski demikian, program kedaruratan belum sepenuhnya selesai karena masih ada
beberapa tempat yang belum ditangani. Masyarakat kota belum kembali menempati
rumah mereka meski kondisi kawasan tempat tinggal mereka sudah lebih bersih.

Di kawasan Blang Padang, misalnya, seluruh puing, lumpur, bangkai mobil, dan
jenazah sudah selesai dibersihkan. Jalan-jalan di sekitar rumah para pejabat
teras Pemerintah Daerah Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) itu sudah bisa dilalui.
Namun, kawasan tersebut tetap sunyi senyap karena hanya aparat keamanan saja
yang mau menempati kawasan itu.

Melihat keadaan yang lebih baik, Kompas dan Trans TV berkesempatan berbincang
dengan Panglima Tentara Nasional Indonesia (TNI) Jenderal Endriartono Sutarto
mengenai penanganan Aceh. Panglima bersama Wakil Kepala Staf TNI Angkatan Darat
Letnan Jenderal Djoko Santoso, Kepala Pusat Penerangan TNI Mayor Jenderal
Sjafrie Sjamsoeddin, serta jajaran Markas Besar TNI sejak Kamis (20/1) berada
di Banda Aceh untuk menuntaskan program penanganan darurat bencana tsunami.
Berikut petikan dari wawancara tersebut:

Bagaimana evaluasi Anda mengenai keadaan Aceh pascabencana tsunami?

Saya kira banyak kemajuan yang diperoleh beberapa hari terakhir ini. Kita bisa
lihat Blang Padang sudah dibersihkan sehingga bisa dimulai tahap rehabilitasi.
Lhok Nga, meski belum tuntas semuanya, sudah jauh lebih baik. Hari-hari ini
program penanganan kondisi darurat akan terus berlanjut. Sepanjang peralatan
beratnya tersedia, bahan bakarnya ada, maka kami bisa membuat tiga shift
petugas yang akan bekerja secara terus-menerus. Kami mempunyai prajurit yang
mampu untuk melakukan hal itu. Kalau semuanya bisa jalan, tidak lama lagi
tentunya kita segera bisa memasuki program rehabilitasi dan rekonstruksi.

Mengapa ada kelambatan dalam program penanganan kedaruratan?

Saya kira kelemahan kemarin karena kurangnya program penanganan yang terarah
dan konseptual. Juga adanya kegamangan dalam mengambil keputusan. Kemarin,
misalnya, kita terlalu terpaku terhadap pengevakuasian jenazah. Sepertinya
semua terbebani oleh keharusan untuk bisa mengevakuasi 8.000 jenazah per hari.
Padahal, seharusnya kita menangani pemulihan keadaan per wilayah. Kita harus
petakan besarnya kerusakan dan tahapan yang akan dilakukan untuk penanganan
bencana sesuai dengan kemampuan.

Prinsip yang harus kita pegang adalah menyelamatkan mereka yang masih hidup.
Kita harus menyelamatkan kepentingan yang lebih besar. Jadi, kalau kita
bersihkan satu wilayah, itu harus dilakukan agar mereka yang tinggal di
sekitarnya bisa melanjutkan hidup tanpa harus terganggu oleh kondisi lingkungan
yang buruk. Bisa jadi di wilayah itu hanya sedikit jumlah jenazah yang
ditemukan, itu tidak menjadi soal, sepanjang bisa bermanfaat bagi mereka yang
masih hidup. Tentunya akan ada yang mengatakan bahwa di sekitar pantai masih
banyak jenazah. Sepanjang tidak mengganggu mereka yang masih hidup dan belum
masuk dalam tahapan pembersihan, itu bisa kita lakukan kemudian ketika
jadwalnya memang tiba.

Tampaknya begitu penting untuk membuat program kerja yang lebih detail dan
keberanian untuk mengambil keputusan?

Dalam kondisi darurat, keputusan harus diambil secara tepat dan cepat, seperti
sekarang ketika puing-puing berhasil kita bersihkan dan diangkut ke atas truk.
Pertanyaannya, akan dibuang ke mana semua itu? Ketika saya tanyakan, semua
tidak bisa menjawab. Saya akhirnya memutuskan untuk dibuang ke daerah Ulee
Lheue di dekat pantai. Sebab, tidak mungkin puing-puing itu asal saja dibuang
karena hanya akan menimbulkan persoalan baru. Saya tidak menutup mata bahwa
akan ada pihak yang keberatan. Kita harus ajak bicara mereka dan minta
perhatian agar kita mendahulukan kepentingan yang lebih besar.

Apa langkah-langkah lanjutan yang harus dan akan dilakukan?

Saya kira penting untuk segera merelokasi pengungsi. Kita harus tetapkan tempat
yang memadai dan memungkinkan untuk ditempati pengungsi. Syaratnya, menurut
saya, lokasi itu harus mampu dijangkau melalui darat. Kita tidak mungkin
membiarkan pengungsi untuk memilih-milih tempatnya sendiri. Misalnya, ada 30
atau 50 orang yang ingin tinggal di tempat yang sulit dijangkau jalur darat.
Kita harus berani meminta mereka pindah ke tempat yang lebih mungkin diberikan
bantuan atau memilih hidup sendiri dengan segala risikonya.

Saya juga melihat bahwa para pengungsi harus diberi kegiatan agar lebih
mandiri. Jangan, misalnya, mereka dibangunkan dapur umum dan diberi makan
terus-menerus. Lebih baik mereka diberikan bahan makanan dan biarkan setiap
keluarga masak sendiri-sendiri.

Dalam kasus pemberian batas waktu 26 Maret bagi pasukan asing dalam melakukan
bantuan kemanusiaan, muncul kesan TNI ingin menutup Aceh?

[...]

Kita harus melihat bahwa bencana yang kita hadapi begitu besar dan kita
mempunyai kemampuan yang sangat terbatas. Untuk itu, tidak ada pilihan lain
kecuali kita meminta bantuan negara tetangga. Menurut saya, ukuran permintaan
bantuan itu bukan batas waktu, tetapi penyelesaian keadaan kedaruratan.

Kalau dalam satu minggu keadaan terkendali, kita bisa mengucapkan terima kasih
dan mengatakan biarlah proses rehabilitasi dan rekonstruksi kami lakukan
sendiri. Tetapi, kalau satu tahun keadaan darurat belum selesai, mengapa harus
dibatasi tiga bulan.

Pernyataan mengenai penetapan batas waktu itu membuat saya sempat repot.
Masalahnya, mereka tahu bahwa sayalah yang meminta bantuan mereka, tetapi
mengapa kemudian mereka harus dibatasi. Tetapi, setelah saya jelaskan, mereka
akhirnya bisa mengerti.

Apakah Anda puas dengan kerja sama militer yang dilakukan selama ini?

Saya kira, kalau dilihat kurang dari satu persen warga yang terkena bencana
yang tidak terselamatkan jiwanya, langkah yang kita lakukan itu tepat. Artinya,
langkah kedaruratan yang kita tempuh dengan meminta hadirnya bantuan
kemanusiaan dari negara- negara sahabat sangat bermanfaat.(tom)

http://www.kompas.com/kompas-cetak/0501/22/utama/1512469.htm

Give the gift of life to a sick child.
http://us.click.yahoo.com/lGEjbB/6WnJAA/E2hLAA/BRUplB/TM