anyway, di jawa, sulawesi, ambon, selama ini juga udah bnyk pengrusakan
rumah2 ibadah kyk gini..kalo skrg happened di bali kayaknya gak heran n
bukan hal baru lagi..

                      "Co_lapar"

                      <[EMAIL PROTECTED]        To:
ppiindia@yahoogroups.com
                      hoo.com>                 cc:

                                               Subject:  [ppiindia] Re: Enam
Pura Dirusak Orang Tak
                      01/23/2005 06:02          Dikenal

                      PM

                      Please respond to

                      ppiindia

Aneh yach, kalo pelakunya etnis jawa dan beragama islam, pasti
dikatakan Orang Tak Dikenal.

Memang susah negara ini.

--- In ppiindia@yahoogroups.com, "Ambon" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> http://www.kompas.com/kompas-cetak/0501/22/daerah/1512421.htm
>
>  Sabtu, 22 Januari 2005
>
> Enam Pura Dirusak Orang Tak Dikenal
>

> Denpasar, Kompas - Dalam tiga hari berturut-turut sedikitnya enam
pura-tempat persembahyangan umat Hindu-yang berada di wilayah Desa
Adat Kuta, Legian, dan Tuban serta Kedonganan, Kabupaten Badung,
Bali, dirusak oleh orang tak dikenal.

> Hingga kini jajaran Kepolisian Daerah Bali masih menyelidiki
peristiwa yang meresahkan warga desa setempat tersebut. Peristiwa ini
cukup meresahkan, dan tidak mustahil akan menimbulkan sikap saling
curiga antara penganut agama-agama yang ada di Bali.

> Peristiwa perusakan itu dilaporkan pertama kali Senin (17/1).
Sebuah pura di wilayah Desa Adat Legian, Kuta, yaitu Pura Dalem
Kahyangan, ditemukan dirusak pada bagian candi, patung, dan pengangge
(hiasan pura).

> Esoknya, Selasa (18/1), peristiwa serupa dilaporkan menimpa tiga
pura sekaligus, yaitu Pura Dalem Penataran Kedonganan, Pura Kati
Gajah, dan Pura Pesambyangan Ratu Gede Dalem Ped di Desa Adat Kelan,
Tuban.

> Rabu (19/1) aparat Kepolisian Sektor (Polsek) Kuta kembali menerima
laporan terjadinya perusakan terhadap dua pura keluarga di sekitar
Jalan Majapahit, Kuta. Pura keluarga yang dirusak itu adalah Pura
Pengorengan dan Pura Lobong. Kejadian-kejadian perusakan itu
menimbulkan keresahan warga desa setempat.

> "Sejak kejadian pertama (di Legian), kami sudah berusaha
mengantisipasinya. Konsentrasi kami memang baru di pura-pura milik
desa adat. Ternyata, pelakunya menyasar ke pura-pura milik keluarga,
seperti Pura Pengorengan," kata Bendesa (pimpinan) Adat Desa Adat
Kuta, I Gusti Ketut Sudira, Jumat (21/1).

> Langkah antisipasi yang dimaksud adalah mewajibkan warga desa adat
secara bergiliran berjaga di tujuh pura milik Desa Adat Kuta, di
antaranya Pura Prajapati, Pura Segara, dan Pura Penataran, serta Pura
Puseh Desa Adat Kuta. "Kami berharap polisi dapat menemukan
pelakunya. Tiang (saya) sudah meminta masyarakat jangan menuduh
pelakunya (adalah) orang dari agama atau suku lain. Herannya, kenapa
pura yang dirusak?" ujar Sudira.

> Diselidiki
>
> Kepala Bidang Humas Kepolisian Daerah (Polda) Bali Komisaris Besar
AS Reniban yang dihubungi kemarin mengaku telah menerima laporan
kasus perusakan di enam pura tersebut. Menurut dia, Kepala Polda Bali
melalui Kepala Kepolisian Kota Besar (Poltabes) Denpasar telah
menginstruksikan jajarannya agar menyelidiki kasus tersebut.

> "Kami juga sudah mengintensifkan jajaran Babinkamtibmas dan meminta
mereka bekerja sama dengan pecalang (satuan pengamanan desa adat).
Yang pasti, kami telah menyelidiki kasus yang meresahkan warga ini,"
kata Reniban.(cok)

Give the gift of life to a sick child.
http://us.click.yahoo.com/lGEjbB/6WnJAA/E2hLAA/BRUplB/TM