Saya ikutan deh.....
Saya sepakat,...sesungguhnya Maha pencipta yaitu Tuhan yang menciptakan
kita-kita ini dan alam semesta ini hakekatnya adalah sama. Hanya saja persepsi
kita tentang DIA (Maha pencipta itu) yang ber-beda2  sesuai dengan nalar, iman
dan agama kita masing-masing. Yang mengakibatkan masing2 menganggap ajaran
agamanyalah yang paling benar. Dan masing2 berusaha mencari kelemahan ajaran
agama yang lain. Sampai2 saling menghujat....dan ujung2nya timbul kata2
nantilah sampai di akhirat nanti siapa diantara kita yang paling benar akan
kita ketahui.

Tapi kalau nunggu sampai akhirat nanti..udah kaseplah...kesian kan sama yang
udah salah pilih jalan.........

Jadi menurut saya ... kenapa kita tidak meminta langsung (doa) sama Yang Maha
Pencipta kita-kita ini ...untuk menunjukkan kepada kita (kedalam hati kita)
mana ajaran agama yang paling benar. .... Cobalah kita meminta kepada NYA
setiap hari kalau perlu 20, 40 atau berapa kali saja sehari yang kita mau
dengan konsentrasi yang sungguh-sungguh kepadaNya.....kita meminta :

Wahai Maha Pencipta yang telah menciptakan aku, manusia dan  alam semesta
seluruhnya.
Tunjukkanlah kepadaku (kedalam hatiku) mana ajaran agama yang paling benar.
Diantara agama2 didunia ini.
Jangan tunjukkan agama yang salah....yang dapat menyesatkan aku.

Saya yakin kalau kita meminta (berdoa) seperti itu (atau redaksinya terserah
anda), setiap hari dengan tekun dan bersungguh2. Saya yakin tuhan akan
menunjuki (hati) kita. Mana ajaran agama yang benar....nggak perlu nunggu hari
akhirat.
Maha pencipta pasti akan menunjuki kita kalau kita meminta sepenuh
hati.....apalagi yang kita minta itu bukan harta.....tetapi adalah kebenaran
yang ada pada NYA. Sesungguhnya MAHA PENCIPTA itu MAHA PENGASIH....tinggal saja
kita, apakah kita memang bersungguh-sungguh mencari ajaran yang paling
benar......atau mencari............ kita sendirilah yang tau.

Carla Annamarie <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

Eyang Danar..u re absolutely right..

kebenaran Universal adalah tentang Hakikat, sifat dan eksistensi Tuhan,
yang pada dasarnya semua agama adalah sama..
tapi ajaran agama, konsep atau dogma agama itu kebenaran yang subjektive..,
karena sifatnya personal bcs it's about  Iman dan nalar masing2 individu.

                      "RM Danardono

                      HADINOTO"                To:
ppiindia@yahoogroups.com
                      <[EMAIL PROTECTED]        cc:

                      oo.de>                   Subject:  [ppiindia] Re: Kitab
Aspal-->Deretan Nabi menurut
                                                agama-agama langit (samawi)

                      02/24/2005 09:38

                      PM

                      Please respond to

                      ppiindia

mBak Lina:.....mengatakan kebenaran itu universal adanya, konsep yg
mudah tuk diimani by nalar dan hati,

Karena Tuhan itu universal, jadi apa yang datang dari Tuhan itu
memang merupakan kebenaran universal, bukan dogma. Yang datang dari
manusia, semisal konsep dosa awal dan trinitas itu, menjadi tidak
universal dan menjadi dogma kan?
---------------------------------

You get it mBak.

Yang datang dari Tuhan adalah universal.Karena apa? Karena Tuhan itu
sendiri universal, lha Tuhan kita semua sama kok? Ya kan mBak?

Kalau dogma dogma itu memang jelas jelas buatan manusia.Karena itu
sering terjadi, dogma agama agama berbeda, padahal membahas hal atau
Tuhan bersama. Karena kepala manusia berbeda, karena tangan manusia
tak sempurna, dan mungkin banyak pemimpin agama yang sudah pikun,
jadi kacau menceritakan kembali kisah kisah (kan semua dari ingatan,
kebanyakan beliau beliau itu buta huruf?).

Juga bagi penganut Kristiani, untuk memahami Trinitas benar benar
(nggak asal manggut manggut saja seolah faham), tidak mudah dan
makan waktu. Sedangkan memahami hal hal mulia yang harus dilakukan
dalam hidup )yang membuat kita berkenan pada Tuhan), adalah gampang.

Dogma yang membuat kita mumet, dogma yang memisahkan kita. Padahal
apa yang mulia bagi umat Buddha diatas Himalaya, bagi umat Kristiani
di Kopenhagen, bagi umat Islam di Jakarta, itu SAMA.

ya kan mBak. bagaimana teman teman?

Salam

Danardono

--- In ppiindia@yahoogroups.com, "Lina Dahlan" <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> Mbak dan Mbah, sekaligus gaja deh ya..:-)
>
> Mbak Carla betul kalo mau mendalami dan mengerti agama yang kita
> anut harus pake iman dan nalar. Mana yang lebih diperlukan? Mbah
dan
> mbak bener jua balance antara keduanya.
>
> Masalahnya nih ya kalo kita belum punya iman apapun. Misalkan kita
> orang gunung yang cuma punya akal/nalar dan baru turun gunung mau
> cari iman, tentu kan dia hanya memakai nalarnya saja, gak bisa
> menjadikan iman sebagai central dan basic foundation.
>
> Jadi, saya setuju sekali kalau mbah mengatakan kebenaran itu
> [...]

Yahoo! Groups SponsorADVERTISEMENT

http://us.click.yahoo.com/O.5XsA/8WnJAA/E2hLAA/BRUplB/TM