> Surat Paus Paulus II Kepada Imam Khomeini:
>

> Kepada Yang Mulia
> Ayatullah Ruhullah Khomeini
>
> Saya sangat prihatin dengan meningkatnya ketegangan antara Amerika dengan
negara anda. Saya juga menyampaikan sentimen saya ini kepada Yang Mulia Bani
Sadr, sebagai presiden Republik Islam Iran; kepada Sekretaris Jendral PBB,
DR. Kurt Waldheim; dan kepada Yang Mulia Jimmy Carter, presiden Amerika.

> Saya mohon kepada Tuhan, dengan kebaikan dan kemurahan-Nya, semoga Dia
melindungi rakyat anda dan mencegah kesulitan dan bahaya yang lebih besar
dari meningkatnya ketegangan tersebut. Saya berharap, dengan pengaruh
wewenang anda, akan membantu terciptanya solusi bagi situasi serius
tersebut, dengan solusi yang adil; yang diilhami oleh penghargaan atas nasib
rakyat, dan yang akan bermanfaat bagi kemajuan rakyat dan seluruh manusia
dalam keadilan dan perdamaian.

> Johanes Paulus II
>

> Jawaban Imam Khomeini kepada Sri Paus:
>

> Dengan Nama Allah Yang Maha Pengasih dan Penyayang
>

> Kepada Yang Mulia Sri Paus,
>
> Pesan anda, yang mencerminkan kegelisahan atas memburuknya hubungan antara
negara Islam Iran dan Amerika, telah saya terima. Saya menghargai niat baik
anda dan perhatian anda atas hal itu; dimana negara kami menganggap bahwa
langkah pemutusan hubungan tersebut sebagai pertanda baik, dan negara kami
merayakannya dengan kebahagiaan.

> Saya berterima kasih atas doa anda kepada Tuhan bagi rakyat pejuang kami,
tetapi perlu anda ketahui bahwa anda tidak perlu khawatir atas munculnya
masalah dan bahaya yang lebih besar, seperti yang anda sebutkan dalam surat
anda. Karena rakyat muslim Iran selalu siap menyambut masalah akibat langkah
pemutusan hubungan, dan mereka tidak takut atas munculnya bahaya yang lebih
besar.

> Yang berbahaya bagi rakyat kami justru ketika hubungan tersebut dibangun
sebagaimana yang dilakukan oleh rezim terdahulu, dan hubungan seperti itu
tidak akan pernah dibangun kembali.

> Saya berharap, dengan pengaruh spiritual anda pada masyarakat Nasrani,
anda memperingatkan pemerintah Amerika untuk bertanggungjawab atas tindakan
tirani, gangguan, dan perampasan mereka. Dan menasihati Carter, yang sedang
mengalami kekalahan, untuk membiarkan negara-negara yang menginginkan
kemerdekaan mutlak dan tidak ingin bergabung dengan setiap kekuatan di
dunia, sebagaimana nilai kemanusiaan yang diajarkan oleh Isa as; dan tidak
membiarkan dirinya dan pemerintah Amerika berkubang pada skandal yang lebih
jauh.

> Saya memohon kepada Allah atas kesejahteraan bagi mereka yang tertindas di
muka bumi, dan berharap semoga mereka segera terbebas dari tangan-tangan
penindas.

> Ruhullah Al-Musavi Al-Khomeini

Give underprivileged students the materials they need to learn.
http://us.click.yahoo.com/4F6XtA/_WnJAA/E2hLAA/BRUplB/TM