Sobron Aidit :

                       HARI  INI = TJENG BENG = Jing MIng
                       Hari Penghormatan Kepada Leluhur,-

Hari ini tanggal 4 sampai 5 april adalah Hari Tjeng Beng. Tjeng Beng atau
Jing Ming artinya terang - bersih - jernih. Hari buat memperingati dan
menghormati para leluhur - para orangtua yang sudah meninggal. Ramai-ramai
secara seremonial datang ke kuburan - ke pemakaman buat membersiskan
kuburan. Sesudah membersihkan dan menyiangi kuburan - juga sembahyang di
sana atau di rumah yang ada foto keluarga. Di depannya bersujut sambil
mengucapkan doa dan harapan-harapan terbaik.

Hari Tjeng Beng biasanya sangat dihomati dan diperingati dengan khusuk. Saya
baru tahu hari ini adalah hari Tjeng Beng. Kenapa? Tadi pagi saya menilpun
ponakan saya si Candy Lam ( usia 11 tahun ) di Hongkong. Ketika saya tanya
kepadanya, kok kamu ada di rumah - apa tidak sekolah?
"Shusu, jintian she Jing Ming cie - she fangcia...women fangcia ma......(
Paman, hari ini kan hari Tjeng Beng - jadi kami liburan ). Dalam batin saya
ya pula. Karena saya ada di Eropa - tidak seperti dulu di Tiongkok - maka
lupa saya hari ini Hari Tjeng Beng. Di wilayah yang masih menuruti adat
tradisional - keagamaan - hari ini sekolah pada liburan. Terutama di
Hongkong - di Taiwan dan sebagian di Makao. Lalu kenapa di daratan Tiongkok
tidak? Karena hari keagamaan bukanlah urusan pemerintah - kecuali hari besar
Imlek - yang seluruh rakyat memperingati dan merayakannya. Rasanya yang saya
ingat begitu,- paling tidak fakultatif-lah - tapi bukan keseluruhannya libur
seperti di daerah dan wilayah yang saya sebutkan tadi.

Jangan lupa - ini penting : jangan mengadakan Hari Pernikahan pada Hari
Tjeng Beng - tidak baik, sial kata orang-orang tua zaman dulu. Mungkin ada
betulnya - ada keluarga saya yang bercerai - dan mereka pada waktu menikah
jatuhnya pada Hari Tjeng Beng - entah benar entah tidak tetapi memang mereka
menikah pada tanggal 4 dan 5 april itu. Dan akhirnya memang bercerai. Tidak
ada bukti bahwa mereka bercerai karena menikah pada Hari Tjeng Beng itu -
tapi kejadian dan peristiwanya betul pada hari tersebut,- Saya kira kalau
saya sih lebih baik dihindari menikah pada Hari Tjeng Beng - kan banyak hari
lainnya kan?

Kebiasaan seperti Hari Tjeng Beng di kiita juga ada - ke kuburan para
orangtua dan sanak keluarga - membersihkan pekuburan - ziarah dan nyekar.
Kalau tak salah mendekati Bulan Puasa atau mendekati Hari Raya Lebaran ( ?
). Bagi yang memperingati Hari Tjeng Beng - Selamat Membersihkan Pekuburan
para leluhur dan sanak keluarga,-

Holland,- 4 april 05,-

Give the gift of life to a sick child.
http://us.click.yahoo.com/lGEjbB/6WnJAA/E2hLAA/BRUplB/TM