--- In ApiK ------original message-------------
From: [EMAIL PROTECTED]

Surat Paus Johanes Paulus II Kepada Imam Khomeini:

Kepada Yang Mulia
Ayatullah Ruhullah Khomeini

Saya sangat prihatin dengan meningkatnya ketegangan antara Amerika
dengan negara anda. Saya juga menyampaikan sentimen saya ini kepada
Yang Mulia Bani Sadr, sebagai presiden Republik Islam Iran; kepada
Sekretaris Jendral PBB, DR. Kurt Waldheim; dan kepada Yang Mulia
Jimmy Carter, presiden Amerika.

Saya mohon kepada Tuhan, dengan kebaikan dan kemurahan-Nya, semoga
Dia melindungi rakyat anda dan mencegah kesulitan dan bahaya yang
lebih besar dari meningkatnya ketegangan tersebut. Saya berharap,
dengan pengaruh wewenang anda, akan membantu terciptanya solusi bagi
situasi serius tersebut, dengan solusi yang adil; yang diilhami oleh
penghargaan atas nasib rakyat, dan yang akan bermanfaat bagi
kemajuan rakyat dan seluruh manusia dalam keadilan dan perdamaian.

Johanes Paulus II

Jawaban Imam Khomeini kepada Sri Paus:

Dengan Nama Allah Yang Maha Pengasih dan Penyayang

Kepada Yang Mulia Sri Paus,

Pesan anda, yang mencerminkan kegelisahan atas memburuknya hubungan
antara negara Islam Iran dan Amerika, telah saya terima. Saya
menghargai niat baik anda dan perhatian anda atas hal itu; dimana
negara kami menganggap bahwa langkah pemutusan hubungan tersebut
sebagai pertanda baik, dan negara kami merayakannya dengan
kebahagiaan.

Saya berterima kasih atas doa anda kepada Tuhan bagi rakyat pejuang
kami, tetapi perlu anda ketahui bahwa anda tidak perlu khawatir atas
munculnya masalah dan bahaya yang lebih besar, seperti yang anda
sebutkan dalam surat anda. Karena rakyat muslim Iran selalu siap
menyambut masalah akibat langkah pemutusan hubungan, dan mereka
tidak takut atas munculnya bahaya yang lebih besar.

Yang berbahaya bagi rakyat kami justru ketika hubungan tersebut
dibangun sebagaimana yang dilakukan oleh rezim terdahulu, dan
hubungan seperti itu tidak akan pernah dibangun kembali.

Saya berharap, dengan pengaruh spiritual anda pada masyarakat
Nasrani, anda memperingatkan pemerintah Amerika untuk
bertanggungjawab atas tindakan tirani, gangguan, dan perampasan
mereka. Dan menasihati Carter, yang sedang mengalami kekalahan,
untuk membiarkan negara-negara yang menginginkan kemerdekaan mutlak
dan tidak ingin bergabung dengan setiap kekuatan di dunia,
sebagaimana nilai kemanusiaan yang diajarkan oleh Isa as; dan tidak
membiarkan dirinya dan pemerintah Amerika berkubang pada skandal
yang lebih jauh.

Saya memohon kepada Allah atas kesejahteraan bagi mereka yang
tertindas di muka bumi, dan berharap semoga mereka segera terbebas
dari tangan-tangan penindas.

Ruhullah Al-Musavi Al-Khomeini
--- End forwarded message ---

'Thanks & Giving.'