Setiap pengimanan adalah pengalaman bathiniah yang sangat intim, yang
dialami seorang insan secara individual. Seringkali tak dapat
dijalarkan pada manusia lain, karena kesulitan menerangkannya.

Orang yang sedang sujud bersholat mengalami pengalaman bathiniah
dalam membayangkan Allah. demikian pula dengan seorang yang sedang
berdoa dimuka altar gereja, dan mengalami, disentuh Roh Kudus. Hanya
dia yang mengalami.

Seorang Yahudi menangis haru dalam doa dimuka tembok pengaduan di
Jerusalem. Dan seterusnya.

Untuk bercakap mengenai iman, keduanya harus berbuka hati, siap
menerima, apa yang diterangkan. Kalau belum memahaminya, berusaha
dengan konsentrasi bathiniah untuk memahaminya.

Yang dinamakan "mysteri" tidak lain daripada dampak keterbatasan
indrya kita. Kita biasa mengukur, satuan panjang, lebar, dalam,
berat, jarak dsb. Kita sepakati apa yang kita maksud 1 mm, orang lain
menyepakati 1 yard atau inch. Untuk dapat berkomunikasi, kita harus
jabarkan satuan satuan itu, yang SEMUA adalah buah kesepakatan kita.

Kita dapat menyebutkan jarak yang sangat jauh, misalnya beberapa ribu
tahun cahaya. Namun sulit menghayatinya. Dunia roh, adalah dunia
energy, alam yang immaterial. Untuk menembusnya kita membutuhkan
tidak saja nalar, namun, kedalaman dimensi indriya. dan ini tak mudah.

Dua orang yang berusaha mendengar sebuah nada dalam satu concert.
yang satu sangat musikalis, yang lain samasekali tidak. Yang tidak
musikalis akan banyak melewati nada nada yang dia tak dapat tangkap.

Demikian pula dalam menerangkan suatu hukum mathematis. yang satu
dengan cepat membayangkannya, dimensi dalam ruang, yang lain hanya
mendengar dengan mulut terbuka.

Inilah inti masalah kalau kita membahas iman dari berbagai
kepercayaan.

Salam

danardono

--- In ppiindia@yahoogroups.com, Arriko Indrawan