maaf pak danardono, anda mengaku sebagai pengagum spinoza
schopenhauer dan hermann hesse... tapi kok pernyataan-pernyataan
anda lebih mirip renungan august comte dan nietszhe...? dua orang
filsuf positivis dan eksistensialis yang tergolong rasionalis ekstrem...

mereka mengatakan segala sesuatu yang dapat diindra oleh panca
indra kita itulah yang rasional... sesuatu lainnya yang tak dapat
dicerna panca indera kita tergolong irasional, termasuk tuhan...

sebaliknya kita tahu spinoza memberi tempat pada spiritualisme,
bahkan dia percaya adanya tuhan kendati dengan nama alam...
bahwa ada sesuatu yang supra rasional... sesuatu yang tak dapat
dicerna panca indra (rasio) tapi juga bukan irasional karena batin
spiritual kita merasakan keberadaannya...

nah, kalau kita baca sejarah peradaban manusia, spitualisme/agama
itu mewarnai hampir semua peradaban mereka termasuk kemajuan
ilmu pengetahuan dan teknologinya... mulai dari asyiria, mesir kuno,
tiongkok, romawi, persia, india sampai islam... satu-satunya
peradaban yang "menolak" spiritualisme/agama adalah peradaban
barat sekarang... ini karena ada sejarah traumatik hubungan
spiritualisme/agama dan ilmu pengetahuan di masa lalu...

tapi penolakan itu toh tak sepenuhnya... setelah era comte,
perlahan-lahan para filsuf barat bisa menerima spiritualisme, kendati
masih enggan dikait-kaitkan dengan agama...

mengenai nama peradaban islam, saya kira itu cuma nama generik
saja... islam itu artinya keselamatan/penyerahan diri... maka tak aneh
dalam qur'an semua agama sebelumnya juga disebut islam = penyerahan
diri kepada tuhan.... siapapun orang yang menyerahkan diri kepada
tuhan disebut orang islam....

saya percaya peradaban-peradaban maju umat manusia dari dulu
sampai sekarang adalah peradaban orang-orang yang menyerahkan
diri kepada tuhan... (kalau dia mengakui ada zat yang maha tinggi
di luar dirinya dan berbuat baik kepada sesama sebagai bukti cintanya
kepada zat yang maha tinggi itu...)

dan mensyukuri kurnia tuhan berupa akal... (kalau dia menggunakan
akalnya untuk berpikir yang positif, maka dia tergolong mensyukuri
kurnia tuhan kendati formalnya mungkin dia mengaku ateis, agnotis,
dll...)

dengan motivasi yang begitu tinggi itulah mereka mengembangkan
ilmu pengetahuan dan teknologi....

salam,

Give the gift of life to a sick child.
http://us.click.yahoo.com/lGEjbB/6WnJAA/E2hLAA/BRUplB/TM