--- huttaqi <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> mas Nizami,
> itu ada di kumpulan hadits Qudsi...
> sampeyan memang gak salah,
> bahwa pernyataan itu mirip dengan pernyataan di
> agama Nasrani..

Bisa disebut perawinya siapa dan apakah derajad hadits
tsb sahih, hasan, atau dloif (lemah)? Sebab banyak
hadits yang dloif/israiliyat yang justru bertentangan
dengan ayat Al Qur'an.

Misalnya pernyataan "manusia itu diciptakan dari citra
ar-Rohman" Ini bertentangan dengan ayat2 Al Qur'an
yang menyatakan manusia diciptakan dari tanah serta
surat al ikhlas yang menyatakan tak ada sesuatu pun
yang setara dengan Allah.

Hadits yang anda kutip (tanpa sanad mau pun derajat)
lebih mirip ayat Alkitab:

Manusia diciptakan menurut gambar (image) dan rupa
(capacity) Allah. Ayub 32:8;

> Tapi pemahaman sampeyan yang gak tepat soal ini
> nizami wrote :"sehingga mereka menggambarkan baik
> Tuhan Anak maupun Tuhan
> Bapak
>  seperti manusia (lihat lukisan Michaelangelo)"
> Lukisan Michaelangelo gak bisa dijadikan hujjah yang
> mewakili agama
> Nasrani..

Bukan hanya Michaelangelo. Patung2 Yesus (Anak Tuhan)
di berbagai gereja menunjukkan itu.

> gitu...
> btw, lama gak lihat imel sampeyan,
> eh baru liat lagi sudah mulai lagi ya ?
> he..he..

Ini sekedar melaksanakan surat Al 'Ashr. Boleh kan?
Tapi sekali lagi, sebaiknya memakai Al Qur'an dan
Hadits agar tulisannya tidak bertentangan dgn
keduanya. Toh pak Huttaqi sedang menulis tentang agama
Islam bukan?

Insya Allah dgn Qur'an dan Hadits sebagai petunjuk,
tulisannya bisa lebih kokoh lagi.

=== message truncated ===

Bacalah artikel tentang Islam di:
http://www.nizami.org

Make Yahoo! your home page
http://www.yahoo.com/r/hs

In low income neighborhoods, 84% do not own computers.
At Network for Good, help bridge the Digital Divide!
http://us.click.yahoo.com/HO7EnA/3MnJAA/E2hLAA/BRUplB/TM