--- In ppiindia@yahoogroups.com, Agung Sarono wrote:
> Udah tahu gini, kok masih ada yang membela negara
> nekolim sebelah itu dengan alasan serumpun dan
> seakidah...
> Serumpun apanya? Seakidah apanya?
> Gak jelas...
> AS

Sepensiunnya Datuk Seri Dr Mahatir Mohamad, keangkuhan Pemerintah
Malaysia kian hari kian men-jadi2. Coba baca berita detikNews yg baru
saja diterbitkan ini:
http://www.detiknews.com/index.php/detik.read/tahun/2005/bulan/04/tgl/18/time/1030/idnews/343824/idkanal/10

Malaysia akan Gugat Kompas
Sumber: Bernama

detikcom - Jakarta, Krisis Ambalat belum juga berakhir. Bahkan Wakil
PM Malaysia Datuk Seri Tun Razak mempertimbangkan untuk menggugat
harian Kompas. Hal ini berkaitan dengan pemberitaan Kompas yang
menyatakan dia telah meminta maaf pada Jakarta terkait insiden
serempetan kapal perang pada Jumat 8 April lalu.

Najib menyatakan, dia telah meminta pada Jaksa Agung Tan Sri Abdul
Gani Patail untuk mempelajari kemungkinan pemerintah Malaysia
melancarkan gugatan hukum pada Kompas.

"Kami sedang berpikir tentang itu karena Kompas memberitakan banyak
pemberitaan yang tidak benar yang meracuni atmosfir untuk motif-motif
tertentu. Saya akan minta nasihat pada Jaksa Agung," kata Najib pada
hari Minggu kemarin seperti dilansir kantor berita Bernama.

Najib pada Sabtu lalu meminta Kompas untuk meminta maaf secara terbuka
kepada Malaysia atas berita yang digambarkan Najib sebagai "tidak
benar sepenuhnya dan tidak bisa dipertanggungjawabkan."

Berita yang diprotes Najib adalah berita Kompas pada Jumat (15/4/2005)
yang berjudul "Menhan Malaysia Minta Maaf". Petikan berita itu sbb:

Kepala Dinas Penerangan TNI Angkatan Laut Laksamana Pertama Abdul
Malik Yusuf, Kamis (14/4), mengatakan, Menteri Pertahanan Malaysia YB
Dato Sri Mohd Najib bin Tun Haji Abdul Razak menyampaikan permintaan
maaf secara lisan kepada Atase Pertahanan Indonesia di Malaysia
Kolonel Hartind Hazrin. Hal tersebut berkaitan dengan insiden gesekan
KRI Tedung Naga dengan Kapal Diraja Rencong milik Malaysia di perairan
Ambalat beberapa waktu lalu.

Najib yang juga Menteri Pertahanan dalam statemennya pada Sabtu lalu
menyatakan dia tidak bertemu denagn Hartind Hazrin atau mendiskusikan
insiden itu dengannya. Dia menegaskan, tidak ada alasan baginya untuk
minta pada maaf atas insiden serempetan kapal itu karena KD Renchong
berlayar di wilayah perairan Malaysia.

Direktur Intelijen Kementerian Pertahanan Datuk Wan Abu Bakar Omar
juga telah diinstruksikan untuk menanyai Hartind guna menjelaskan
pemberitaan Kompas itu.

Belum diketahui respons Kompas terkait rencana gugatan ini. Handphone
Pimred Kompas Suryopratomo tidak diangkat-angkat ketika dikontak
detikcom, Senin (18/5/2005). Sementara, Jubir Deplu Marty Natalegawa
pada press briefing Jumat lalu mengaku belum mengetahui adanya
permintaan maaf dari Malaysia. Permintaan maaf itu diketahuinya baru
dari media massa. (nrl)

http://us.click.yahoo.com/5F6XtA/.WnJAA/E2hLAA/BRUplB/TM