Menurut definisi umum, Ghaib adalah suatu yang tersembunyi atau tidak
dapat dilihat oleh panca indra lahiriah. Orang  yang melihat sesuatu
yang ghaib, misalnya atom or virus, dia melihat suatu fakta,
pandangannya sampai ke dimensi tsb. Dia memakai sarananya, sedang kita
tidak. Untuk melihat suatu yang ghaib diperlukan suatu alat seperti
halnya kita melihat virus or atom, bayi dalam kandungan atau jin atau
alam baqa. Manusia perlu sarana.

Kebanyakan manusia tidak memiliki sarana tsb, maka dikatakan ghaib.
Lihatlah apa yg ada didalam perut kita? apa kita tahu isinya? Di dalam
diri kita sendiri saja ada keghaiban, lalu mengapa kita tak boleh
berbicara tentang yang ghaib? Kalaupun tidak dianggap tabu, seringkali
orang bicara soal ghaib hanya karena mengiukti pendapat-pendapat orang
lain tanpa berfikir secara krits. Yang lebih tidak masuk akal lagi
ialah kita lari dari masalah ghaib. Padahal itu adalah amsalah diri
kita sendiri, masalah ktia semua. Bila kita tak percaya dengan hal
ghaib itu berarti kita tidak akan percaya dengan kehalusan dimensi
ruang alam,t idak percaya dengan alam baqa, tidak percaya dengan
rohaninya, tidak percaya dengan malaikat, tidak percaya kepada Allah,
alhasil atheis.

Seseorang yang berangkat ke dimensi ruang alam tertentu harus punya
sarana dan prosedur yang ketat. Tanpa prosedur yang benar dan haq,
orang tsb akan tersesat atau tertipu karena prosedur dan sarananya
salah. Itulah sulitnya memahami alam ghaib dengan benar dan haq.

Jadikanlah Ghaib sbg ilmu pengetahuan bagi kita karena Ghaib adalah
ilmiah dan nyata. Sebagai contoh: apabila saya meletakkan sesuatu
benda dibalik suatu dinding bata, anda tidak akan tahu tentang benda
itu. Apakah itu ghaib? Lalu saya katakan bahwa di balik dinding itu
adalah sebuah cangkir, apakah anda akan percaya?

Begitu juga bagi kita yang pernah melakukan USG tentang anak yang
dikandung, laki atau perempuan? Lalu kita datang ke dokter dan
diperiksanya dan ternyata anak kita laki, kita langsung percaya.
Bagaimana kalau saya katakan saya pernah lihat jin? apakah anda
langsung percaya?

Ide-ide yang kita miliki adalah ghaib karena sesungguhnya materi ide
itu sendiri abstrak (=tidak ada).

wassalam,

'Thanks & Giving.'
http://us.click.yahoo.com/mGEjbB/5WnJAA/E2hLAA/BRUplB/TM