Alhamdulillah, istri saya sudah melahirkan anak keempat.Pada hari Minggu
pagi, 24 April. jam 06.10. untuk keempat kalinya saya duduk di sebelahnya.
Melihat istri saya meregang nyawa, berteriak-teriak
kesakitan sambil memyebut asma allah....

Di sela-sela itu istri saya bilang, "Aa, saya nggak sanggup lagi. Saya mohon
maaf. Sampaikan maaf saya sama bapak, emak, eyang, anak2 rumah dunia. Sama
semuanya." Kedua tangannya erat mendekap tubuh saya. bahkan leher saya.
Kepala saya terbenam di dadanya. saya jadi ingat pada emak, yang mungkin
saja saat melahirkan saya seperti peristiwa yg saya alamni pagi itu.

Saya cuma menjawab, "Iya, iya.. tapi, leher Aa jangan dicekik gini, dong.
Sakit, nih...," Tias pun melepaskan pegangannya sambil cemberut. tapi, rasa
sakit membuatnya mesti berteriak lagi, 'Alaaaaaah.... aaah...."

Saya selalu menemani erangan da teriakannya dengan kalimat-kalimat yang
semoga bisa membuatnya tertawa. Beberapa kali mulut saya disumpal istri
saya, agar saya jangan melucu. suster perawat selalu tersenyum menanggapi...
ah, ketegangan mesti dilawan dengan rasa santai. seorang ayah baru tadi
bertemu di kortidor rs budi asih. saat saya tanya, apakah dia menemani
detik-detik saat istrinya melahirkan? dia menjawab, "Nggak.
Saya takut, Mas!" Saya meledek dia. "Hati-hati aja. Suami yg nggak nungguin
istrinya melahirkan, naluri selingkuhnya tinggi!" Dia tertegun. Weh, serius
amat, bro!

Jika sudah melihat proses persalinan begitu, yang mungkin - bisa saja -
adalah pertemuan saya yang terakhir dengan tias. ini peristiwa dramatis
dalam puncak kehidupan mnauia. darah, rasa sakit, air mata dan keringat
bercampur jadi satu. lantas ketika menggenggam tangan tias sambil
mensupportnya agar mengejan, terselip di hati saya: apakah masih relevan
kita membicarakan tentang poligami sementara para wanita mempertaruhkan
nyawanya atas benih yang kita (lelaki) semai di rahimnya?

Oh ya, anak k-4 kami perempuan. Berat 3,1kg. Panjangnya 48cm.Namanya Natasha
Azka Noorsyamsa Harris. Puanjaaang tenaannn. Mengakomodir kedua orangtua
kami. Kalau Abi memprot. "Namanya Natasha Noor Samson aja!" Hahaha.. Abi ini
lagi demne nonton sinetron "Samson Betawi".

Sekian saja kami mewartaken.
tetap semangat
gg

'Thanks & Giving.'