--- In ppiindia@yahoogroups.com, "RM Danardono HADINOTO"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> -------------------
>
> Mungkin manusia terlalu mudah mengatakan "Allah berkata ini, itu,
> mengizinkan ini itu". Dsb. Tuhan adalah Sang pencipta, yang berada
> diatas se-gala galanya, karena itu, juga diluar masalah manusiawi
> yang demikian sepele, seperti aturan kawin dll.

Kalau dalam bahasa sehari-hari ada pembedaan lho antara kata
kawin dan nikah.. :-)

> Kalau Sang Pencipta benar benar, menghalalkan polygami, maka tak
> mungkin ber-milyard manusia, yang adalah ciptaanNya, menganut aturan
> yang MELARANG polygami, dengan dasar ini dilarang Tuhan.

Dilarang Tuhan atau sebagian manusia?
Biar diskusinya lebih fokus aja, Mbah..

> [...]
>
> Polygami adalah bagian dari kehidupan dalam budaya dimana nabi
> Muhammad hidup kala itu, dimana hal ini oleh budaya yang sebelumnya,
> sampai Mesir kuno, Assyria, juga dihalalkan.
>
> Jadi, banyak sekali hal hal yang diizinkan atau dilarang oleh
> masyarakat kala itu, yang adalah sandaran hidup berbentuk norma
> umum.
> Tapi, ini tak automatis berarti, norma norma ini datang dari sang
> Pencipta, yang adalah diluar masalah manusiawi.
>
> Yang datang dari sang Pencipta adalah hal yang mutlak dan satu
> kebenaran. Selalu berlaku, bagi siapapun, dimanapun.

Kebenaran harus berlaku bagi siapapun dan dimanapun?
Hm.. Apakah ini tidak seperti sedang membatasi sang Pencipta?
Apakah Dia dapat dibatasi oleh kemauan mahluk-nya?
Apakah itu artinya tidak boleh ada keajaiban sebagai 'pengecualian'?
Tentunya pengecualian yang 'positif' ya.. bukan semau gw..

> Salam
>
> danardono

Wassalam,

Irwan.K

Give underprivileged students the materials they need to learn.
http://us.click.yahoo.com/4F6XtA/_WnJAA/E2hLAA/BRUplB/TM