Yang saya lihat terjadi di dunia saat ini adalah adanya penghindaran
hingga 'permusuhan' terhadap ajaran Islam oleh sebagian orang
(termasuk orang yang mengaku beragama Islam sendiri).
Saya sendiri bukan seorang yang memahami/menjalankan ajaran Islam
secara mendalam.

Namun, IMHO & AFAIK, beberapa hal yang menyebabkan
(analisa) demikian adalah:

* Ajaran Islam banyak melarang kegemaran sebagian umat manusia.
  Dari urusan makanan/minuman soal halal-haram, minuman keras dll,
  hingga urusan perilaku, mis: judi, perilaku seksual bebas
  -sesama manusia- antar jenis kelamin di luar pernikahan,
  bahkan yang sejenis; ekstrim-nya dengan hewan, katanya lho ya. :-P
* Ajaran Islam membatasi hak-hak individu sedemikian rupa agar tidak
  terjadi pemusatan resource pada sebagian kelompok kecil manusia
  namun juga tidak menafikkan hak-hak individu. Jadi intinya mengarah
  pada penyeimbangan (balance).
* Ajaran Islam mengatur banyak aspek kehidupan manusia dengan
  aturan/panduan dan etika, mis: dengan do'a.
  Barangkali ini yang 'berbenturan' dengan pemikiran kaum sekularis
  yang menginginkan area agama di luar urusan keseharian apalagi
  yang menyangkut urusan negara dan politis.

Saya tidak tahu detil apa yang terjadi dengan agama lain.. :D
Namun kelihatannya apa yang diatur oleh ajaran Islam jelas sangat
membatasi kebebasan yang didengung"kan kaum liberalis dan sekularis.
Bahwa banyak penyimpangan oleh mereka yang mengaku beragama
Islam, tentu tidak dapat dijadikan dasar untuk menjelek"an Islam,
misalnya.

Berangkat dari hal" di atas, rasanya tidak heran kalau disengaja/tidak
terjadi upaya penghindaran maupun permusuhan terhadap (Umat) Islam.
Termasuk misalnya upaya penanaman keraguan dan pengkaburan
terhadap pemahaman dan ajaran Islam yang sebenarnya.
Apakah itu termasuk soal emansipasi (kiprah wanita, soal warisan,
poligami dan yang belum lama ini imam wanita), penyebaran pemikiran
IsLib, sholat dalam multi bahasa(?), dll.

Atau tinggal kita tunggu saja lembaran sejarah yang tertulis pada
1-2 generasi selanjutnya untuk tahu apakah itu semua hanya perulangan
upaya semata atau bahkan mampu mendominasi 'kebenaran' di mata
umum.

Wallahu a'lam.. CMIIW..

Wassalam,

Irwan.K