Jawaban atas pertanyaan bung partogi, mengapa
    islam sekarang tidak hebat lagi, bisa sangat
    kompleks.

    Yang relatif lebih mudah untuk dijawab adalah
    sejak kapan islam tidak 'hebat' lagi ...

    Pendapat saya sangat mirip dengan yang
    dikemukakan bung ambon. Pusat peradaban islam
    kala itu (antara tahun 800 - 1100 an) ada
    di 2 kota:

|       => kota Bagdad (di bawah pemerintahan dinasti
|          Abasiyah: Al-Makmun, Harun Ar-Rasyid dsb.)
|
|      =>  kota Cordoba, spanyol (awalnya didirikan
|          oleh keturunan Dinasti Umayyah yang
|          melarikan diri ke Eropa pada saat
|          pergantian kekuasaan Dinasti Umayyah ->
|          Abasiyah)

    Nah, pada masa invasi bangsa Mongol dari timur
    hingga ke Eropa, Bagdad termasuk yang di 'lindas'
    kotanya dihancur-leburkan, ada masakre, ada
    plundering, khalifah nya di hukum mati; dan yang
    paling di sayangkan: perpustakaan Bagdad yang
    memuat dokumentasi pengetahuan dibakar.

    Sementara itu di Spanyol, sejak tahun 1000-an,
    terjadi proses perpecahan yang melemahkan
    pemerintahan islam. Pada saat yang hampir
    bersamaan, Paus (Urban III?) menyerukan bangsa-2
    Eropa untuk merebut kembali the 'christian's lands'
    yang ada dalam kekuasaan Muslim, dengan 2 agenda
    utama:

|     (1) merebut kembali Jerusalem (perang salib)
|     (2) membebaskan spanyol (perang reconquista)

    perang salib akhirnya dimenanngkan bangsa muslim,
    sedang pada perang reconquista dimenangkan oleh
    bangsa spanyol.

    perang reconquista berlangsung jauh lebih lama
    (lebih bertahap) di bandingkan perang Salib, lebih
    dari 4 abad. Klimaksnya terjadi pada masa pemerintahan
    ratu Isabella (ratu Castilla) dan raja Ferdinand
    (raja Aragon) yang kemudian bersatu (melalui ikatan
    pernikahan) melawan pasukan muslim. Pihak muslim
    semakin terdesak, hingga akhirnya hanya menguasai
    kota Granada (ibukota propinsi Andalusia saat ini),
    dan itu pun akhirnya tumbang tepat pada tahun 1492.
    ( opini saya, tentu saja hak bangsa spanyol untuk
    membebaskan tanah airnya. Tapi yang saya sesalkan
    adalah ikut dibakarnya perpustakaan cordoba yang
    memuat informasi ilmu pengetahuan, juga tindakan-2
    berlebihan lainnnya).

    Bersamaan dengan euphora kemenangan spanyol inilah,
    muncul tokoh bernama Columbus. Columbus mengajukan
    proposal proyek ekspedisi pelayaran untuk menemukan
    jalan lain ke "India". Pada saat diajukan kepada
    pangeran Heinrich (bangsawan portugis yang biasanya
    gandrung dengan dunia maritim), proposal tsb. di tolak.
    Tetapi ketika diajukan kepada ratu Isabella, proposal
    tsb. serta merta diterima.

    In my mind, it was not 100% a 'coincidence' that
    the American continent was discovered by the European
    in 1542 at the same year that islam was 'driven' from
    europe.

|                           ***

    Memang, secara 'geopolitik' kekalahan pihak islam tsb.
    dalam waktu singkat 'terkompensasi' dengan tumbang
    dan jatuhnya Konstantinopel ke tangan bangsa Turki
    (1457).

    Berdirinya dinasti Turki Utsmani/Ottoman memang
    melanjutkan the 'power' of Islam lebih dari empat
    ratus tahun kemudian, hingga selesainya perang dunia I
    (runtuhnya Ottoman empire). Tetapi dari posisi
    intelektual, dinasti Ottoman nampaknya tidak mewarisi
    tradisi intelektual bani Abasiyah di Bagdad dan
    emirat Cordoba di spanyol. Ottoman terlalu terfokus
    dengan ekspedisi militer dan pengembangan administrasi
    pemerintahan. Sementara itu, dunia intelektual eropa
    sejak abad 15 sudah mengalami 'pencerahan': penemuan
    'the world', dan pengembangan sains. Kendati sempat
    menjadi 'super power' secara militer, sejak abad 16
    Ottoman sebenarnya sudah mulai kewalahan, tidak bisa
    lagi mengimbangi perkembangan teknologi militer eropa
    ( kapal perang dan persenjataan, to name a few).
    Puncak ekspansi Ottoman di Eropa adalah ketika pasukannya
    hampir bisa mencapai gerbang kota Wina (Austria).

    Titik balik kekalahan Ottoman adalah pada saat perang
    di laut yang dikenal sebagai * battle of Lepanto *
    seperti kutipan di bawah ini:

> [...]

|    and much booty was taken. The victors, however, lost
|    over 7,000 men. Among the allied wounded was Cervantes,
|    who lost the use of his left arm.
|
|    Lepanto was the first major Ottoman defeat by the
|    Christian powers, and it ended the myth of Ottoman
|    naval invincibility. It did not, however, affect
|    Ottoman supremacy on the land, and a new Turkish
|    fleet was speedily built by Sokollu, grand vizier
|    of Selim II.
|
|    Nevertheless, the battle was decisive in the sense
|    that an Ottoman victory probably would have made
|    the Ottoman Empire supreme in the Mediterranean.

    kemunduran Ottoman dibarengi dengan meningkatnya
    imperialisme eropa di 'dunia baru', termasuk bangsa-
    bangsa muslim. Ottoman sempat membantu kesultanan
    Aceh (jaman Iskandar Muda) memerangi Portugis di
    Malaka; a.l. dalam memperebutkan jalur perdagangan
    /monopoli rempah-rempah melalui laut (it was in the
    16/17th century).

    awal tahun 1800 an, Napoleon memulai ekspedisi di
    Mesir, dengan terlebih dahulu mengalahkan posisi
    Ottoman di sana. Ini menandai awal imperialisme
    eropa di timur tengah.