Untuk mereka yg belum kenal penghidupan diVenezuela:{saya cukup lama tinggal
didaerah ini]

Persamaan antara masyarakat Indonesia dan Venezuela hanya dalam pembagian
kekayaan. Yg beruang hanya mungkin <5% dari penduduk - middle class mereka pula
sangat sedikit dan biasanya dibentuk diantara kaum militer dan kaum yg bekerja
di dalam management minyak. Perkebunan [plntage2] tidak terlalu banyak dan
tidak terlalu interesting untuk pemerintah pusat. Kekuasaan pemerintah didaerah
perbatasan dgn negara2 disebeleh selatan dari Venezuela adalah hampir nihil
[kurang communication facilities] Infiltrant2 dari negara tetangga mudah sekali
bolak balik dan karena itu boleh dibilang dikuasai kaum narcotic atau kaum
maoist.[yg berkuasa diantar suku amer-indian dari Amazone ini]

Untuk mereka yg belum tahu Simon Bolivar adalah George Washington utk negara2
dari Guyana, Vanzuela, Columbia ,Equador sampai Costa Rica. Bolivia juga
termasuk, Jadi dalam buku sejarah Simon Bolivar adalah idam2an kemakmuran
rakyat setempat. Revolusinya mula2 berhasil dan mereka dpt mengusir Spain
tetapi oleh karena daerah besar dan communicatie minimal achirnya menjadi
dipecah menjadi negara2 yg kita kenal. Simon Bolivar lahir dalam keluarga dgn
hubungan darah dgn kerajaan spain dan mendapat pendidikan militernya juga
diSpain. Sekembalinya dia melihat kemiskinan rakyat setempat dan sama dgn
Pres.Sukarno dia melakukan perang revolusi dgn bantuan bajak2 setempat.

Jaman sekarang ada Fidel Castro diCuba yg meskipun negara sangat miskin oleh
isolasi dari US - Rakyat hidupnya kurang lebih sama miskinnya dari atas sampai
bawah. Di Kuba tidak ada klas elite yg menguasai kekayaan dan memperbudak
rakyat.  Mwereka ada klas party - tetapi siapapun dapat menjadi anggota partij
dan menjadi jurubicara partij.  Menurut pengalaman saya dgn mereka dari cuba -
setiap penduduk mendapat cukup banyak pendidikan dan boleh dikatakan buta huruf
diCuba tidak ada dan pendidikan adalah semua diatas SMP. Jadi rakyat tahu
keadaan 100% dan mengerti kenapa mereka miskin dan pun menerima keadaan dan
bersedia berkorban utk ini. {They are all in the same boat alive or death] Yg
belum pernah tinggal dgn mereka mungkin tidak mengerti perasaan solidaritet
antara penduduk cuba dari yg kecil sampai yg tua dari yg petani sampai yg
bekerja dlm industrie semua bersatu. Ini tidak ada sama sekali diIndonesia.

Sekarang kalian perhatikan Pres. Chavez yg berasal dari lower middle class -
dan yg berhasil mendapat militer academy education - yg tidak kalah dgn
pendidikan militer diUSA tetapi dgn mendapat filosofie pendidikan dari Cuba,
Mao, SimonBolivar, Europa dan USA. Dia melihat kemiskinan dan keperbudakan
rakyat. Dia berhasil mendapat kekuasaan negara setelah sebelumnya dia mencoba
coup tetapi gagal. Oleh karen dia berasal dari rakyat dia pun dapat berbicara
dgn lidah dan otak mereka - dan karena itu dia menang dan mula2 memusingkan
pemerintah USA - takut jadi Cuba. Bush baru jadi pres. dan Rice masih hijau dan
CIA masih belum masuk kegroup Chavez - jadi agak salah perhitungan. Sekarang
kan Chavez tidak diganmggu lagi oleh US. Kesalahan dgn Fidel Castro tidak
terjadi lagi.

Dengan latar belakang ini sekarang kalian membaca kembali article yg dalam bah.
Ingeris yg saya kira masih authentic --- Harap kalian mengerti keadaanya lebih
baik.

Andreas

Satrio Arismunandar <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
Saya tidak tahu. Tapi mungkin Anda bisa bertanya ke
Sdr. Coen Husein Pontoh, mantan aktivis PRD, yang
menterjemahkan tulisan ini ke bhs Indonesia...

Coba cek tulisan aslinya...

--- Arriko Indrawan <[EMAIL PROTECTED]>

http://www.venezuelanalysis.com/articles.php?artno=1040

> [...]
> yang sangat tinggi, dan karena itu secepatnya
> dibutuhkan tindakan-tindakan untuk segera memenuhi
> aspirasi-aspirasi rakyat. Satu-satunya aparatus yang
> memiliki struktur nasional dan layak untuk
> menjalankan
> misi presiden Chávez (di samping gereja Katolik)
> adalah militer.
>
> Cuma pengin tanya :
>
> Siapa yg menambahkan tulisan di dlm kurung??
> Interpretasi siapa? apa maksud dan tujuannya??
> apa benar Gereja Katolik memposisikan
> diri di samping presiden Chavez? datanya?

Discover Yahoo!
Get on-the-go sports scores, stock quotes, news and more. Check it out!
http://discover.yahoo.com/mobile.html