   From: Satrio Arismunandar <[EMAIL PROTECTED]>
Subject: Re: Re: BOM lagi - Cara kerja intelijen

Saudaraku,

Ah, dalam dunia intelijen, orang yang direkrut jadi
intel itu kadang-kadang tidak sadar bahwa ia itu intel
dan informan. Ini kehebatan "human intelligence" yang
tak bisa digantikan oleh kecanggihan teknologi.

Itulah yang namanya sistem "binaan." Misalnya, saya
(selaku agen asing) memacari cewek yang jadi
Sekretaris-nya SBY. Tiap kami kencan, sambil
bermesraan, cewek ini cerita tentang kegiatan SBY dan
kelakuan SBY di kantor. Saya mendapat info tentang SBY
yang akurat, yang tak bisa saya lakukan kalau saya
sendiri harus masuk ke kantor SBY.

Artinya, cewek ini telah jadi agen dan informan
kekuatan asing, agen yang saya rekrut, tanpa dia
sendiri menyadari.

Tapi, selain itu,  banyak juga orang Indonesia yang
secara sadar bekerja untuk kepentingan asing untuk
duit. Termasuk mereka yang sekarang sibuk melobi, agar
Indonesia menjual aset-aset negara dengan harga murah
kepada perusahaan-perusahaan asing.

Banyak kok para komprador di antara kita. Baik di
parlemen, pemerintahan. LSM, dsb.

Satrio