--- In ppiindia@yahoogroups.com, fauziah <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Fau:
> Kebetulan sekali Pak, saya barusan selesai dari sesi diskusi bersama
> Toyoo Gyohten*. Dia berbicara mengenai perubahan besar didunia ini,
> termasuk economic integration.
>
> Soal penolakan thd konstitusi EU, dia bilang: pertama, voters tidak
> memahami EU Constitution, soalnya tebalnya 30 cm. Saya juga baru
baca
> bbrp halaman, akhirnya nyerah :D. Tapi voters takut, kalau2
birokrat EU
> di Brussel akan semena2 menyeragamkan semua aturan antar EU dan
> memperlebar jurang perbedaan kaya-miskin.

------------------------

DH: Globalisasi diperkuat arus gelombangnya dengan pendirian Uni
Eropa. Seolah sebuah pemukiman, pagarnya disingkirkan. Terjadi
lalulalang manusia gak karuan. Penjahat bebas mondar mandir.
Kriminalitas meningkat. Disini dinamakan " criminal tourism". Gang
dari Rumania datang berbondong, menguras kota kota Austria, lalu
langsung ke Jerman, Negeri Belanda, dst.

Juga kapital lalu lalang dengan bebas. beli membeli perusahaan lintas
batas. Seolah beli ikan dipasar ikan. Akibatnya, perusahaan
perusahaan diperkecil, pegawai dipecat2i.
 kalau kapital lalu lalang, maka manusia tetap dibatasi oleh pagar
birokrasi. Siemens dari Jerman bebas borong perusahaan dimanapun.
Tetapi pegawai Jerman tak bebas pindah kerja ketempat lain, kalau dia
tiba tiba jobless, ya nasiblahh. Tinggal dirumah.

> [...]
dari
> solusi juga problem. Salah satu problem besar adalah ekonomi2 negara
> lain terlalu tergantung pada ekonomi US. Padahal ekonomi US adalah
> sumber masalah. Sekarang di US mereka over-consumption dan
> under-savings. Sedangkan consumer goods di US mostly diimpor dari
> China, India, Japan, dll. Jadi mereka defisit sangat besar. Disini
> negara2 pengekspor ke US diuntungkan, tetapi karena US mulai
berhutang
> dan sibuk tekan sana-sini untuk menurunkan defisitnya, ya negara2

DH: Globalisasi ini memungkinkan perusahaan perusahaan menyusdun
strategi dengan melipat atau membesarkan pasar. Akhirnya, batas batas
yang tadinya menjaga ketenangan sosial - disini dinamakan "sozialer
Friede atau social peace - hilang. Lalu adu kuat tenaga alias
kapital. Perusahaan kecil, yang tadinya efficient dan mempunyai
pasaran khusus untuk barang berkualitas tinggi, jadi telanjang bulat
diterpa angin taupan. Perusahaan besar masuk medan perang berhadapan.

Bila dahulu, dikatakan, bahwa kalau perusahaan maju, buruh ikut
makmur, maka kini tak berlaku lagi. Perusahaan meningkatkan laba
sampai entah berapa %, namun bersama itu pegawai dipecat.

Manusia jobless yang kian banyak menurunkan daya pemasukan pajak,
yang dipakai untuk membiayai welfare. Konsumsi menurun. Akibatnya,
banyak perusahaan yang ulung tikar karena kekurangan pembeli.

Konflik sosial tak terelakkan disini.

Apabila, sejak saya ABG ditahun 60an partai partai sosial demokrat
yang seringkali memerintah ditunjang oleh serikat buruh, maka untuk
pertama kali, partai sosial demokrat Jerman ber-hadap hadapan dengan
serikat buruh, yang notabene adalah reservoir suara pemilih.

Ini sama dengan kalau KOSTRAD berhadapan dengan kesatuan kesatuan
tank mereka sendiri...

ABG yang menganggur mernjadi radikal, di Jerman dan Rusia, mereka
menngabungkan diri derngan organisasi fasisi pro Hitler.

Kita akan teruskan..

Salam

danardono