>Ketegangan antara Tamil tigers dan umat Buddha di Srilanka, adalah
>pure social-politically motivated. Tak ada satu tetespun perbedaan
>keagamaan yang membuat mereka angkat senjata.
>
>Akidah Buddha tak mengajarkan kasta kasta, yang membuat kaum
>bangsawan ngotot mempertahankan kepentingan mereka, dan kaum Paria
>tetap melata bagaikan cacing..
>
>Akidah Buddha tak mengajarkan adanya kebenaran mutlak diatas se-gala
>galanya, sehingga kepercayaan lain layak dimusnahkan. Tak pula
>diajarkan adanya wahyu dari langit yang harus dijunjung tinggi dan
>mutlak benar.

> [...]
=======

saya cuma sedikit tahu tentang hindu dan budha.... dari info yang cuma
secuil itu saya menduga hindu dan budha memiliki hubungan kekerabatan yang
amat dekat....

pangeran sidharta terlahir dari keluarga bangsawan hindu.... dan menurut
ajaran hindu, budha diakui sebagai avatar artinya orang suci yang
dihormati....
orang yang baik tutur kata dan perbuatannya....

jadi kekerabatan hindu-budha mungkin kira-kira sama dengan hubungan
kekerabatan penganut yahudi, kristen dan islam....

tapi mungkin sama seperti penganut agama semit yang bersaudara,
penganut hindu dan budha pun sekarang tak lepas dari percekcokan....

tempo hari di tv kabel, saya lihat ratusan rahib budha di srilangka ikut turun
ke jalan menolak rencana pemerintah membagi bantuan kemanusiaan
untuk kaum tamil yang hindu.... padahal pembagian bantuan kemanusiaan
internasional secara adil dan merata merupakan komitmen kesepakatan
damai yang disponsori swedia....

tentara srilangka terpaksa bertindak tegas menyemprot rahib-rahib itu
dengan air bahkan sampai menembakkan gas air mata agar mereka
bubar....

mungkin memang masalah sosial-politik yang menjadi faktor utama
percekcokan di srilangka, tapi sungguh memprihatinkan kalau kaum
rohaniwan ikut terseret-seret bahkan sengaja melibatkan diri....

kalau sudah begitu, kepada siapa lagi rakyat/umat yang cinta damai
bisa mencari panutan....?

salam,