Bung Nizami:
Yang aneh adalah anda! Mengapa?
Pernahkah anda ke Freeport di Tembagapura? kalu anda pernah kesana
anda akan melihat betapa mahalnya biaya operasi pertambangan di sana
(ingat diatas 3000 meter lho!) dengan situasi alam yang ganas...
Tahukah anda untuk eksplorasi saja, mereka harus menyewa heli untuk
mobilisasi karyawan eksplorasi (lha siapa yang mau naik turun gunung
beratus-ratus kilo jauhnya? dengan kecuraman yang tinggi dan hutan
yang masih perawan?)
Lha sekarang begitu sudah jadi dengan untung di depan mata, kok minta
gratisan! opo tumon?
Jangan salah, saya juga suka emas dan tembaga di sana ditambang bangsa
sendiri, tapi caranya yang profesional dong! Pernahkah lihat tambang
batu bara yang dikelola 'pengusaha indonesia' di Kalimantan? pernahkah
and amelihat aspek health safety dan environment-nya? silakan
bandingkan dengan perusahaan asing, jauh mas!
Tolong dong sesuatu dibandingkan dengan suatu hal yang logis dan
rasional bukan emosional!
DG

Dafit Goenito