----- Original Message -----
From: "Nugroho Dewanto" <[EMAIL PROTECTED]>
To: <ppiindia@yahoogroups.com>
Sent: Wednesday, June 22, 2005 12:48 PM
Subject: Re: [ppiindia] sistem yang terbuka (was: Ironi Demokrasi Amerika)

> harus diakui demokrasi (sebagai sistem politik) dan kapitalisme
> (sebagai sistem ekonomi) memang belum sempurna.....

Tidak akan sempurna, sebab terdapat dua kepentingan yang berbeda, yaitu
disatu pihak kaum modal atau lazim disebut kapitalis dan pada pihak yang
lain adalah rakyat biasa. Kalau kaum kapitalis itu prinsipnya di alam
demokrasi bisa turut bersuara demi menjaga modalnya dan juga sedapat mungkin
agar modal yang dimiliki berkembang biak. Jadi kalau mau dibilang, mereka
ini sudah punya banyak mau lebih banyak lagi.

Kalau rakyat itu saya kira  yang pertama ialah hidup sehat, punya rumah yang
baik, anak bisa sekolah, pakain dan makanan cukup. Dalam pikiran mereka
inyaAlloh kalau  berkat yang ada lebih dari cukup maka penghidupan pasti
lebih baik.

Dalam sistem demokrasi dengan ritualnya tiap kali 4 atau 5 tahun sekali
memilih dan dipilih wakilnya melalui sistem kepartaian untuk duduk dalam
parlemen dan juga presiden. Tergantung penilaian pemilih partai mana yang
cocok untuk membela kepentingan. Tak jarang sebahagian rakyat memilih partai
untuk parlemen seselera dengan kaum modal. Alasan untuk ini bisa
macam-macam.

Mengenai sistem demokrasi dan ekonomi kapitalis itu ada istilah yang saya
kira cukup baik untuk diperhatikan, yaitu apa yang dikatakan oleh seorang
ekonom USA yang cukup terkenal bernama  Kenneth Galbraith. Beliau menamakan
ekonomi dengan "doktrin tai kuda" [ Horse Shit Doctrin], yaitu  burung
gelatik hanya mencicip gandum yang tidak terkunyak oleh kuda. Barangkali
dapat dimingerti asosiasi Galbraith tentang kuda dan burung gelatik dalam
membicarakan demokrasi dan ekonominya.

> kalau sempurna, tentu tak ada kelaparan di afrika dan kemiskinan yang
> begitu menyedihkan di asia dan amerika latin... sementara di eropa,
> amerika utara dan australia (juga di jepang) rakyat hidup makmur
> sejahtera....

 Di Europa atau  Jepang rakyat hidup makmur itu bukan berkat perasaan
belaskasihan dari kaum modal, tetapi karena perjuangan rakyat yang
terorganisasi  dengan program politik yang jelas, sehingga bisa menjadi
suatu kekuatan dengan tuntutan yang tepat. Kekuatan ini yang membuat kaum
modal terpaksa harus dengar. Ceritanya dulu di Europa pada abad  17-18  ,
anak-anak kecil dibawah umur dipekerjakan ditambang-tambang batu bara,
pabrik textil mempekerjakan wanita-waniat bekerja bersama anaknya dibawah
umur.  Orang bekerja 10 -12 jam sehari dan 6 hari kerja seminggu. Nah,
dengan adanya organisasi kaum pekerjaan ini, mereka mengadakan tuntutan 8
jam kerja, 8 jam istirahat dan 8 jam rekreasi, perbaikan kondisi kerja,
perbaikan upah dst. Lambat laum tuntutan ini menjadi tuntutan seluruh
masyarakat. Dan seperti di negeri Swedia dikatakan bahwa mereka berhasil
menjinakan modal, yaitu dengan gerakan buruh dan partai politiknya bisa
menguasai parlemen dan memerintah lebih dari 70 tahun, dan selama itu mereka
mengadakan reformasi dalam masyarakat misalnya  kerja hanya 5 hari, pekerja
tidak boleh dipecat seenaknya saja, wanita hamil bisa libur 9 bulan dengan
gaji 80% [dulunya 100%], sekolah dasar sampai universitas bebas bayaran.
Serikat buruh itu membuat koperasi dan berkecimpun dalam berbagai bidang
usaha, sejarahnya mulai dari perdagangan eceran sampai industri berat. Di
Swedia misalnya tidak boleh memecat pekerja seenaknya saja, terkecuali kalau
dia copet atau korupsi. Tetapi kalau alasan kurang kerja, harus dikasi upah
mulain dari 3 bulan sampai 1 tahun atau malah lebih tergantung lama
kerja.Bagi yang ingin mengetahui lebih banyak lagi tentang perkembangan tsb
bisa baca sejarah Eropah dan revolusi industi. Di India macam-macam buku
bisa di dapat, baik di tokobuku maupun di perpustakaan.

Di Jepang pun demikian, cuma saja ada beda dengan di Europa, misalnya dalam
hal-hal cuti wanita hamil, panjangnya cuti, dan agaknya upah pun lebih
tinggi dari di Europa, karena ada itu sistem bonus.

Keadaan yang dilukiskan diatas ini kira-kira sampai dengan tahun 1990.
Sekarang dengan apa yang dinamakan globalisai dengan adanya "free movement
of labour and capital", keadaan mulai berubah. Kaum modal mulai bertindak
lebih keras. Trend  baru lama mulai berlaku. Di Jepang misalnya "life time
employment" setapak demi setapak dihilangkan karena adanya " company
restruction". Jadi penguruangan tenaga kerja. Kalau naik taxi di Tokyo atau
kota-kota besar lainnya di Jepang, kebanyakan sopir-sopir taxi itu adalah
bekas pegawai  menengah ke atas. Bagi yang berdiam di Jepang, kalau naik
taxi secara iseng ajak bicara dengan sopir, nanti dalam pembicara bisa
ditanya apa pekerjaan sebelumnya.

Kalau dikatakan kapitalisme mempunyai kemampuan untuk memperbaharui, tentu
saja. Tetapi, juga barangkali perlu dipertanyakan pembaharuan yang
bagaimana?

Indonesia dari segi politik dan ekonomi adalah negeri kapitalis, jadi bisa
mudah memperoleh gambaran bagaiaman sistem kapitalis Indonesia. Barangkali
ada konklusi istimewa yang dapat menyumbang dalam diskusi kita.

Kurang lebih demikian tanggapanku. Bagi mau kritik atau tambah atau juga
membetulakan dipersilahkan.

Cheers!