Mbak, Pak atau siapapun anda...

Saya memang aktif di milis ini terhitung sekitar 4 hari....

Terlepas bahwa apa yang saya sampaikan pernah didiskusikan sebelumnya,
tanggapan yang saya buat hanya ditujukan untuk menjawab komentar dari Pak
DG. Semoga anda paham dengan pernyataan saya.
Saya sedikit berkomentar atas pendapat anda dan mudah-mudahan tidak
mengulang perdebatan yang sudah ada, demi efisiensi (kapitalis banget.....)
:
Cross-countries investment adalah hal yang wajar dalam persfektif
Globalisasi atau neoliberalisme, tapi kemudian menimbulkan pertanyaan
lanjutan dalam konteks penguatan industri nasional atau bisa disebut juga
sebagai program industrialisasi nasional. Seberapa kuat industri-industri
pertambangan nasional menahan guncangan dalam pusaran Pasar Bebas dengan
hukum rimbanya? Apakah harapan mengubah PERTAMINA menjadi World Class
Company disandarkan pada pundak maskapai-maskapai pertambangan seperti
EMOI??? Dengan harapan akan terjadi proses transformasi pengelolaan???
Mungkin harapan tersebut bisa terealisasi di Acara "MIMPI KALI YEE" di TV.

Dan tidak bisa dipungkiri bahwa minyak dan gas adalah komoditi kelas dunia,
karena negara-negara industri maju (G-8) membutuhkan supply Migas untuk
menggerakkan roda perekonomian-nya. Ironisnya, menguatnya perekonomian
negara-negara industri maju disalahgunakan untuk menghancurkan negara-negara
dunia ketiga, yang selama ini menjadi penyuplai minyak ke negara-negara
tersebut. Demi minyak! Strategi perang pun dilakoni (invasi USA ke Irak-red
atau intervensi USA dikawasan timteng).

Salam

Jopi