Pak sebenarnya Mormon itu sendiri seperti apa ? ..Apa seperti dalam
Kisah Sherlock Holmes..itu, boleh poligami kemudian ada ungkapan maju
ke Zion dll

Apakah Mormon itu hanya berkembang di Utah saja ?

salam

--- In ppiindia@yahoogroups.com, Danardono HADINOTO <[EMAIL PROTECTED]
> wrote:
> Selalu terdapat ruang antara pengimanan seseorang dan ajaran yang
turun dari mimbar (ex cathedra). Karena pengalaman spiritual masing
masing manusia adalah berbeda.

> Ajaran yang resmi dalam sebagian besar aliran Kristen, adalah bahwa
Kristus itu Ilahi, sama dengan Allah Bapak, dan duduk bersama Allah
Bapak dan Roh Kudus disurga.

> Tentu saja, dalam perkembangan waktu, timbul  mahzab mahzab baru
dalam Kristen, yang misalnya. mengakui Kristus sebagai anak jadi bukan
setara dengan Bapak (Allah), misalnya kaum Mormon.

> Ada lagi, sebaliknya, mahzab terbaru di USA, yang hanya mengakui
Kristus sebagai Allah yang tunggal, jadi tak ada Allah bapak.

> Banyak paham yang berbeda dengan ajaran resmi sekarang, yang masih
berlaku sejak Kristus hidup, sampai Konsili (Sidang) di Nicea beberapa
ratus tahun setelah Kristus wafat.  Misalnya mengenai kesetaraan
Kristus dengan Allah Bapak, dan juga mengenai  re-inkarnasi.

> Sejak Sidang itu, dibawah perintah kaisar Konstantin, doktrin dan
dogma berlaku tanpa perubahan sampai kini.

> KeAllahan Kristus ini diimani sebagai mysteri ibadah, yang hanya
dapat dijangkau dengan iman, faith, namun tak dapat diterangkan.

> Faham, bahwa sang pencipta itu tunggal, sudah selalu ada dan maha
ada (omnipresens) serta maha kuasa (omnipotens), sudah ada sejak
ajaran Sidharta, 300an tahun sebelum Kristus.

> Hal ini sebenarnya yang menyatukan seluruh umat. Juga merupakan
persamaan antara agama agama Semit, terutama antara agama Yahudi dan
Islam. Agama Kristen mengalami perlembangan dengan pengaruh falsafah
Yunani Romawi (Socrates, Plato) ketika para murid Kristus bepindah
dari Timur tengah ke Yunani.

> Disini pula tercipta dogma dogma yang sangat menentukan, yang
berlaku sampai kini (trinitas, kepemimpinan Paus, dll). Disini, budaya
Kristiani mulai menganjak meninggalkan budaya Yahudi (ritus ritus baru
menggantikan ritus Yahudi yang masih dirayakan oleh Kristus sendiri).

> Bagi saya yang sangat menentukan, adalah salah satu kalimat dalam
doa yang diajarkan Kristus sendiri, dikala Dia hidup: "Datanglah
kerajaanMu, jadilah kehendakMU". "MU" disini adalah sang Allah
disurga. Yang esa, yang selalu ada, yang akan selalu ada, yang
mahakuasa.

*****

____