Alhamdullilah ...
Wassyukurillah ...

Makin banyak Penganguran ...

-----Original Message-----
From: johan_agfi [mailto:[EMAIL PROTECTED]

Dear Netters,

Satu lagi perusahaan asing hengkang dari Indonesia. Sebentar lagi akan
bertambah pengangguran di negeri tercinta ini dan entah berapa ribu
jiwa yang uang makannya sangat tergantung pada beroperasinya
perusahaan Jepang ini di Indonesia.
Busung lapar sepertinya akan berkepanjangan, atau bahkan akan ada
wabah lain yang timbul. Merebaknya virus pencurian dan kriminalitas
mungkin?
Tak ada buktinya janji-janji yang dikumandangkan pemerintah yang
katanya "Akan menarik investor asing untuk berinvestasi di Indonesia".
Bagaimana bisa......... yang jelas sudah beroperasi saja satu per satu
mulai mempertimbangkan negara dengan pemerintahan yang membantu
pertumbuhan suatu industri. Pemerintah Indonesia sepertinya tidak
cocok untuk menjadi pelindung bagi mereka (baca : Investor).
Mana ada yang tahan bung...... Pajak ekspor besar, pajak ini.. pajak
itu..., kebijakan ini dan itu yang saya fikir sangat menghambat.
Jangankan orang luar, teman saya yang sedang merintis usaha
memanfaatkan tanaman herbal... masih dilempar kesana kemari seperti
bola pingpong. Dari dinas ini.. harus ke badan itu.. Kata badan ini
harus ke lembaga itu dulu... jadi tak ada bukti sama sekali dukungan
pemerintah terhadap perkembangan perindustrian Indonesia. UKM-UKM saja
sekarang mulai menjerit, apa lagi temen saya yang baru merintis usaha
..

Maaf kalau terlalu emosi, tapi ini realita yang saya hadapi sekarang.

Regards,
JW

--- In ppiindia@yahoogroups.com, "Ambon" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> http://www.suarapembaruan.com/News/2005/07/02/index.html
>

> SUARA PEMBARUAN DAILY
>
> Sanyo Akan PHK 10.000 Karyawan
>
> JAKARTA - Perusahaan asal Jepang Sanyo Electronic akan mengurangi
10.000 karyawannya yang tersebar di Jepang, Cina dan Indonesia.
Pemutusan hubungan kerja (PHK) tersebut ditempuh sebagai bagian dari
upaya perusahaan untuk konsolidasi perusahaan, akibat merugi 171,54
miliar Yen atau sekitar US$ 1,55 miliar pada tahun lalu.
> Dari laporan AFP, Jumat (1/7), mengutip berita media Jepang Nihon
Keizai Shimbun terungkap, sekitar 3.000 pekerjaan akan dipangkas dari
industri semikonduktor yang beroperasi di Jepang dengan jumlah
karyawan sekitar 38.000 hingga Maret 2006. Selain itu, perusahaan juga
berencana menghilangkan ratusan ribu jabatan di luar Jepang sebagai
langkah konsolidasi dan penutupan pabrik-pabrik di Cina, Indonesia dan
beberapa negara lainnya.

> Tidak Hengkang
>
> Guna merampingkan jumlah pekerjanya, Sanyo berencana memfokuskan
usahanya khususnya produk-produk elektronik yang menggunakan sumber
energi sinar matahari dan berbagai bisnis lainnya yang terkait dengan
energi dan lingkungan serta produk digital elektronik.

> Juru bicara Sanyo ketika dikonfirmasi menyatakan, keputusan tersebut
belum dilakukan sekarang, tetapi mereka akan mengumumkan tentang
rencana kerja manajemen yang baru pada Selasa mendatang.

> Menanggapi hal itu, Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM)
Muhammad Lutfi kepada Pembaruan, di Jakarta, pagi tadi, mengatakan,
Sanyo tidak hengkang sepenuhnya dari Indonesia dan tidak akan menutup
seluruh pabriknya. Sanyo hanya melakukan konsolidasi atas kerugian
pada tahun lalu.

> "Hal ini menyebabkan mereka melakukan konsolidasi terhadap beberapa
produknya. Ini ada salah persepsi, mereka itu menyatakan belum tutup,
yang mereka katakan bahwa dengan kerugian tahun 2004 lalu, maka
dilakukan pergantian manajemen. Manajemen tim yang baru ini mempunyai
satu agenda yakni akan merasionalisasi 10.000 pekerja di seluruh
dunia," papar Lutfi.

> Dia menjelaskan, Sanyo rencananya akan menutup industrinya yang
memproduksi semikonduktor di Jepang. Selain itu, juga akan menutup
industri yang memproduksi mesin pendingin udara (air conditioner/AC)
dan kulkas.

> "Dua industri ini ada di Indonesia dan China. Jadi kalau mereka
bilang tutup tidak, yang pasti akan terjadi rasionalisasi untuk
pekerja pada industri produk tersebut," katanya.

> Dia membantah jika pengurangan karyawan ini sebagai bagian dari
perusahaan tidak mampu mengikuti kebijakan-kebijakan pemerintah,
khususnya di bidang penanaman modal asing, tetapi memang bagian dari
strategi Sanyo untuk memperkuat fondasi usahnya. "Bagi BKPM, kita akan
pantau terus sekaligus menjadikan hal-hal ini sebagai catatan dan
intropeksi," ujarnya.

> Mencegah
>
> Dihubungi terpisah, Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin)
Indonesia MS Hidayat mengatakan, belum memperoleh informasi yang
lengkap soal rencana Sanyo melakukan pengurangan karyawan.

> "Setahu saya hanya penciutan staf dan karyawan mereka di seluruh
dunia. Kalau di Indonesia saya belum melihat itu sebagai bagian dari
strategi mereka. Tapi, kalau memang ditutup tentu akan berdampak pada
bertambahnya pengangguran. Sebab itu, kita berupa mencegah hal ini,"
katanya.

> Manajemen baru Sanyo, seperti dilansir Nihon Keizai Shimbun,
merencanakan untuk menyiapkan dana sebesar 56 miliarYen untuk
reorganisasi bisnis, termasuk memindahkan stafnya dari divisi-divisi
yang selama ini mengalami kerugian dan dipromosikan ke unit bisnis
baru, seperti solar panel dan isi ulang baterai. (AFP/B-15)

> Last modified: 2/7/05

***
Berdikusi dg Santun & Elegan, dg Semangat Persahabatan. Menuju Indonesia
yg Lebih Baik, in Commonality & Shared Destiny. www.ppi-india.org
***
__
Mohon Perhatian:

1. Harap tdk. memposting/reply yg menyinggung SARA (kecuali sbg
otokritik)