SiaR News Service
Wed, 24 Mar 1999 13:15:04 -0500

Sastrawan Indonesia terkemuka, PramoedyaAnanta Toer menyatakan diri masuk
sebagai anggota Partai Rakyat Demokratik(PRD). Inilah untuk pertamakalinya
seorang eks tahanan politik PKI, partaiyang dilarang 30 tahun lalu terjun
kembali ke dunia politik. Pram, yangbuku-bukunya dilarang dilantik sebagai
anggota PRD,di Gedung TrisulaMenteng, Jakarta, Minggu (21/3). Berikut petikan
pidato Pram dalam acarapelantikan itu.        SEKARANG ini, di tengah-tengah
Angkatan Muda yang menggelora,sungguh saya merasa bahagia. Inilah peristiwa
terpenting dalam hidup sayayang saya dambakan sejak muda: menyaksikan sendiri
lahirnya Angkatan Mudasendiri yang tidak dibebani bombasme, rasional,
proaktif-kritis, dan yangsemua itu  di rangkum oleh ketegasan. Adanya sejumlah
anggota PRD yang entahdimana rimbanya karena diculik, juga yang ketahuan
rimbanya, di penjara,sebagai kurban permainan pengadilan model sekarang.
Sekarang berada
 ditengah-tengah PRD yang beberapa diantaranya telah lolos dari
penculikan.Malah saya sendiri adalah korban pertama Penculikan 1959, hanya
tidak pernahjadi berita.        Saya menilai Angkatan Muda, maksud saya PRD,
mempunyai kualitasdengan nilai lebih dibandingkan dengan generasi-generasi
sebelumnya.Langsung saja: sejak kanak-kanak oleh ORBA kalian dididik
dengankebohongan-kebohongan politis yang memalaikatkan ORBA dan mengibliskan
semualapisan masyarakat yang tidak membenarkannya. Dari sekolah dasar
sampaiuniversitas. Dan kalian telah mencampakkan kebohongan ORBA tersebut.
  Kalian kiri, artinya kalian berpihak kepada rakyat, lapisan bawahmasyarakat.
tepat, karena sepanjang sejarah rakyat hanya makanan gurih bagielit, kecuali
semasa OrLa, karena dalam kurun ini adalah kekuatan politikyang mendampingi
mereka. Tumbangnya OrLa berarti mereka dan tanah airmenjadi jarahan kapitalisme
multinasional bekerjasama dengan elit nasionalsebagai herdernya.        Mari
kita bandingkan dengan
 Angkatan Muda tahun belasan. Mereka,para mahasiswa yang mendapat beasiswa dari
 pemerintah kolonial, bersamadengan para eksterniran Indische Partij, di negeri
Belanda sana telahmenemukan tanah air dan nasionnya dan mereka namai Indonesia.
Suatu penemuangilang-gemilang dan agung. Sayang, cacatnya seimbang dengan
keagungannya.Cacat itu adalah ketiadaan konsep politik dan anti histori.
Soalnya namaIndonesia berarti kepulauan India. Nama itu sendiri temuan sarjana
Inggris,dipopulerkan oleh etnolog Jerman  Adolf Bastian (1826-1905) nama India
untukIndonesia sekarang ini berasal dari perburuan rempah-rempah Maluku
mulaiakhir abad 15 oleh bangsa-bangsa Barat yang menyebabkan seluruh dunia
nonbarat dijajah oleh Barat sedang rempah-rempah yang diperebutkan berasal
dariIndonesia sekarang ini, tetapi dengan "trade mark" India. Dalam
kekuasaanPortugal , Indonesia dinamai India Portugal, dalam kekuasaan
Belanda,Indonesia dinamai India Belanda. Dan untuk mengakali agar pribumi
 tidakmengasosiasikan dengan India, nama ini ditulis: Hindia.        Politik
permainan kata. Ada dugaan mengapa Angkatan Belasan memilihnama teknologi ini:
menghindari dominasi Jawa. Sejarah telah melahirkan 2nama untuk Indonesia
sekarang, yakni Nusantara semasa kekuasaan Majapahityang artinya: kepulauan,
kerajaan Singasari yang berarti Benteng Antara (duabenua). Nama yang belakangan
ini sarat makna politik karena Raja Singasari.Kertanegara, semasa
pemerintahannya membuat persekutuan-persekutuan militerdengan kerajaan Asia
Tenggara untuk menghadang ekspansi Kubilai Khan dariUtara. Dan sampai sekarang
belum ada suara-suara saja yang menghendakipengkoreksian.        Dibandingkan
dengan angkatan 20-an dengan sumpah pemudanya yang jugagemilang PRD lebih
banyak mempunyai konsep pemikiran yang lebih jauh. Tentu,karena sampai tahun
20-an jumlah penduduk yang bisa baca tulis belum lagi 31/2%. Meningkatnya
jumlah non- buta huruf baru mulai pada masa kemerdekaanNasional. Berdasarkan