Memang betul AK-47 lebih mudah digunakan dan tidak membutuhkan
perawatan yang susah sebagaimana senjata buatan barat seangkatannya
(M-16, FN FAL, G3, dll) Namun Galil adalah senjata 'gado-gado', sistem
receiver dan loading mengadopsi AK, sedangkan sistem laras dan
stabiliser serta popor memakai campuran desain M-16 dan FN FAL.
Hal ini mengakibatkan bentuknya beda dengan AK 47 yang asli...
Galil sendiri didesain karena kekecewaan pihak Israel atas
ketidakefektifan FN FAL dalam perang khususnya pada perang 1967;
karena FN FAL terlalu panjang dan tidak bisa full auto firing, hanya
bisa semi otomat. Karena itu mereka mendesain Galil yang ternyata
memiliki tingkat akurasi lebih payah dari M-16 atau FN FAL; sehingga
akhirnya mereka mengganti Galil dengan M-16A2 atau M-4 carbine buatan
US hingga sekarang.
Jadi lucu kalau Kopassus atau Kostrad malah pakai Galil, karena Israel
sendiri ogah memakainya (Isayeret.com) karena tingkat akurasinya yang
memang di bawah M-16 atau FN FAL. FN FAL sendiri kemudian dimodifikasi
dan dikembangkan menjadi FN CAL yang menjadi moyangnya FNC alias SS
yang dipakai oleh TNI.
Jadi, mbingungi khan? Bagai masuk labirin yang tiada henti pertanyaannya...
DG