irwank2k2 <[EMAIL PROTECTED]> schrieb:

> DH: kalau kita pelajari sejarah dan sejarah filosofi secara seksama, maka apa
> yang anda uraikan itu tidak sesuai dengan kenyataan.

IRWAN: Sebelumnya saya minta maaf kalau lupa nulis CMIIW..
Beneran lho ini.. :-)

DH: Ya ya ya dehhh
----------------------------

> Mengapa? Karena baik Yahudi, Kristen dan Islam adalah berakar sama,
> dan adalah buah pikiran sukubangsa Semit. Budaya mereka ini totally
> identical. Kisah kisah dalam Kuran juga mirip sekali dengan kisah kisah
> dalam Kitab Taurat. Dan Perjanjian lama.

IRWAN: Totally identical?

DH: Lho,konsep dasarnya ya cetak birunya sami mawon, lha wong yang mengajarkan
ya sama: Ibrahim (Abraham) lalu Musa (Moses). Lha biasalah, tiap agama membawa
embel embel budaya. Sikon dimana nabi Muhammad hidup adalah beda dengan sikon
Yahudi. Nabi adalah penguasa ditanah terra incognita, sedangkan Yahudi digebuki
penguasa asing, yakni Romawi (dulunya Farao). Kristen awal tadinya juga
identical dengan Yahudi, Yesus juga disunat dan tak makan babi. Juga melarang
riba. lalu oleh para murid Yesus jemaat dibawa ke Eropa, melalui Yunani lalu
masuk Roma. Nah disini mulai jadi agama Eropa. Konsep Trinitas juga diangkat
menjadi dogma di Yunani, yakni di Nicea 500an tahun setelah Masehi.

Agama Kristen lalu di pingpong balik ke Asia melalui jari jemari para agamawan
Eropa, yakni Spanyol dan Portugis. Agama kita yang asli kala itu ya sama dengan
manusia dari ujung utara Asia timur sampai ke Thailand, yakni Hindu lalu Buddha.
--------------------------------------

> By the way, apa sih itu Nashrani? Katolik, Protestant, Baptist, Advent,
> Presbytarian? Yang mana?

IRWAN: Yang mendominasi yang mana, Mbah?

DH: Ya tergantung to. Di Minahasa, Poso dan Malukku Protestant, di Nias seperti
di Muntilan, Flores dan Timor, Katholik Roma. Di USA Presbytarian. Di Inggris
Anglikan. Kalau mas katakan, minta dijadikan orang Nasrani, maka agamawan
Kristen bingung, mau diapakan ini orang?
----------------------

> DH: Ini juga keliru. Peraturan peraturan yang sudah turun dalam Kitab
> Taurat bagi budaya Yahudi, dan kemudian diambil alih oleh Kristen
> (yang juga sebenarnya orang Yahudi), dan Islam, yang adalah
> saudara dalam keluarga rumpun Semit, adalah sama dan sebangun.
>
> Juga umat Yahudi dan kaum Kristen awal TIDAK makan babi.
> Juga mereka diwajibkan sunat. Ini adalah budaya diwilayah
> padangpasir yang identical bagi ketiga budaya itu.

IRWAN: Kalo yang bukan awal, piye Mbah?
DH: Apa itu yang bukan awal? Teman teman dari gereja Advent sampai malam ini
saya tulis posting ini gak makan babi tuh?
--------------------------------

> Beberapa aliran Kristiani, misalnya Advent, masih melarang minum
> alkohol, minum kopi, dan berpesta pora. Apa yang dilarang dalam Kuran,
> juga dilarang dalam Kitab Taurat. Jiga mengambil riba. dalam
> masyarakat Kristen kuno, masih dilarang menuntut bunga.

IRWAN: Oh, konsep bunga perbankan itu bukan riba ya?
Yang bikin kreditur makin miskin karena ada hutang pokok dan bunganya..
Dalam masyarakat yang gak kuno, piye Mbah?

DH: Lho masalah banking itu bukan masalah agama kok. Dikantor saya juga gak ada
tanda salib, kami gak disuruh baca Injil sebelum kerja.
--------------------------------

> Juga konsep keTuhanan mereka sama, berasal dari Abraham,
> yang oleh orang Arab dinamakan Ibrahim.

IRWAN: Konsep ketuhanan siapa yang sama?
DH:Lha konsep keTuhanan dalam Islam dan Yahudi kan berasal dari ajaran Abraham.
Yahweh dan Allah itu kan sama konsepnya. Dalam Kristen lalu ada perkembangan
setelah sidang di Nicea.
---------------------

> Di pedalaman Portugal, Spanyol, dan Italia selatan, sampai kini,
> wanita diwajibkan menutup kepala, mirip jilbab.
>
> "Barat" yang dikenal oleh manusia abad ini, adalah synonim dari
> budaya kulit putih. Tetapi ini tidak identik dengan Kristiani,
> yang adalah sama dengan Yahudi dan Islam, berasal dari tanah
> yang sama, dan berakarbudaya sama.

IRWAN: Terima kasih atas penjabarannya. Mungkin maksudnya kulit 'pucat',
ya Mbah? Tidak identik, tapi kenyataannya memang dominan di banyak
negara yang saat ini disebut" sebagai negara maju, ya Mbah?

DH: Jendral Colin Powell dan Candeliza Rice mosok pucet toh?
Juga Wolfowits gak pucet pucet amat tuh?

Negara maju memang rata rata pucat:Jepang, Singapura, Taiwan,Korea.
Tapi Malaysia apalagi yang Tamil atau Indianya dan Melayu kayak Mahathir gak
pucet tuh? Orang Minangkabau pucet dan maju, orang Flores gelap, gak semaju
orang Minangkabau, gak ada yang punya rumah makan..

> Para diplomat dan businessman  dari Saudi Arabia, Mesir, Emirate,
> Lebanon di Eropa kalau di hotel restaurant atau bar di Paris, London,
> Roma, Vienna juga minum whiskey...

IRWAN: Emang kalau bisnismen Arab, Mesir, etc itu kenapa, Mbah?
DH:Lhooo saya lihat sendiri di hotel (saya ga kikut minum lho) mereka minum
whiskey dan tangannya memutar biji tasbih tuh?
 ------------------
> Juga komunisme berasal dari barat. Dari Eropa. Bukan idee Asia atau
> Timur tengah. Yang melahirkan konsep komunisme, "das Kapital"
> adalah orang Jerman (bukan Yahudi, bukan orang Asia atau timur)!
>
> Anda sebut sebut pembrontakan komunisme dizaman penjajahan
> Belanda? Tahukah anda, yang mengajari manusia manusia Melayu
> eh sorry Indonesia (waktu itu namanya kawula Hindia belanda),
> adalah orang BELANDA, namanya Sneevliet! Partai komunis Hindia
> Belanda datang dari Partai Komunis Belanda.

IRWAN: Ok, kita simpan dulu kata Barat-nya, ya. :-)
DH: Lha iya, barat itu batasnya mana? Cirebon?
----------------------------------

IRWAN: Tapi tetap saja sampai runtuhnya komunis, blok Kapitalis/Liberalis
terganggu dengan paradigma sosialisme yang sedikit banyak jelas
menghambat laju/usaha mereka..

DH: mereka itu siapa?
kapitalis kapitalis birokrat Melayu (bung Karno katakan "KapBir") juga
terganggu lho oleh komunisme. Juga para tuan tanah, termasuk Eyang saya yang
punya sawah berpuluh hektar di Jawa Timur. Sawah eyang saya dirampok oleh
anggauta pembrontak komunis di Madiun tahun 1948, saya masih kecil..
--------------------------------------

IRWAN: Dan kalau kita mau jujur, apa yang kita kenal dengan globalisasi sudah
dimulai paling tidak (di Indonesia) sejak jaman kumpeni (VOC).
Sudah ada konsep perusahaan Multinasional.. hehehe..
Perusahaan dari Belanda, pake tenaga kerja dari lokal (Indonesia
atau apalah namanya waktu itu), dengan bahan baku/mentah dari lokal..untuk
menekan biaya produksi dan meningkatkan profit sebesar"nya..

DH: Iyalahh..walau konsep kapitalisme belum muncul besar besaran, baru setelah
Revolusi Industri di Inggris.

VOC konsepnya bukan multinasional, tetapi supra nasional, karena mempunyai
kedaulatan (boleh mencetak uang, membawa senjata, menandatangani kontrak dengan
raja raja setempat).

> Jadi Barat lawan komunis itu omong kosong.

IRWAN: Ya Mbah, kalau definisi Barat itu mengacu pada lokasi/peta..
Tapi prakteknya kan tetap bukan basa basi.. kenyataan sejarah
memang ada..

DH: Betul. Saya paling benci kalau orang kulit putih menamakan diri the western
world. Apaan? Austria lebih timur dari Polandia yang ex negara komunis. Waktu
saya kecil belajar ilmu bumi, kita menamakan diri kita "Timur Jauh", lho jauh
darimana?
ASia timurmasih kadang kadang dinamakan Far East. Lho far darimana? Dari
Jakarta terang gak far lahhh

Jepang yang imperialistis itu datang dari timur, dan mengobrak abrik angkatan
laut kekaisaran Rusia yang datang dari barat, dalam perang laut di selat
Tsushima. 1904 - 1905. Nah yang imperialis siapa yo? Dua dua.
--------------------------------

> Jepang sudah selalu memusuhi komunis, juga Taiwan, apa mereka barat?
> Kan orang Asia, jadi timur. Pembrontakan Madiun, juga terjadi di Timur
> yaitu Jawa Timur, bukan di Padang yang adalah Barat!

IRWAN: Hehehe.. Mbah (guru) bisa juga main ple-setan.. temennya ple-boy.. :-)
DH: Udah lah, kita jangan ikut ikut bilang Barat atau Timur. Arab itu di barat,
jadi buat kita bukan budaya timur.
Katakan saja, budaya Eropa atau Amrika yang begini atau begitu..

Masak orang Jawa Timur lebih ketimuran sifatnya dari orang Padang? Lha kan
Padang jauh dibarat..
----------------------------------

> Gimana to? Kalau belajar sejarah jangan amburadul, mas!

IRWAN: Hore.. Mbah pake tanda pentung..
tapi jangan dipake buat mentungin saya ya, Mbah.. :-)
Mencerdaskan kehidupan bangsa berpahala lho..

DH: ini bukan pentungan, tetapi tongkat yang dipakai polisi lalulintas yang
atur perapatan..
Saya paling paling mentungi kasur yang sedang dijemur...

Salam

danardono

If you desire happiness, you should seek the cause that give rise to it,
and if you don't desire suffering, then what you should do is to ensure
that the causes and conditions that would give rise to it no longer arise..

Dalai Lama