Mang Ucup,
Mungkin karena mang Ucup hanya membaca filsafat-filsafat Barat, dan
tidak membandingkan dengan filsafat2 dari Asia, Timur, yang telah
berkembang, jauh sebelum filsafat Barat ada. Filsafat Barat itu
sudah mengalami reduksi (menurut Roger Garaudy). OLeh karenanya
Garaudy mengatakan filsafat barat hanya merupakan filsafat cara
berfikir bukan filsafat cara hidup sebagaimana filsafat yang
diajarkan oleh Budha, Cofucius,Lao-Tseu, dan falsafah Heraclitus
dari Timur Tengah.

Gitu dulu aja mang. Sebetulnya saya sedikit tau filsafat juga dari
bukunya R. Garaudy ini yang aslinya berbahasa Perancis Biographie Du
XX Siecle Le Testament Philosophique (1985). Saya baca terjemahan
bahasa Indonesianya (1986). Tapi sulit sekali mengertinya karena
bahasa terjemahannya juga kurang luwes (ato emang otak saya aja kali
yg gak luwes..??). Garaudy ini pengikut fanatik Marxisme. Ketika dia
menjadi Muslim dia berusaha memadukan Marxisme dan Islam.

Apa udah ada Revisi terbarunya buku ini ya? yang bahasa
Indonesianya " Mencari Agama Pada Abad XX, Wasiat Filsafat Roger
Garaudy)

wassalam,

--- In ppiindia@yahoogroups.com, "mangucup88" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> [...]
> menghasilkan sesuatu yang bejat dan bisa juga menghasilkan
kebaikan.
> Tergantung manusia yang memakai ilmu itu, yang kata Mbah manusia
itu
> ada yang mulia dan ada juga yang ngawur/berdosa. Ilmu di tangan
> manusia mulia menjadi mulia dan sebaliknya akan menjadi bejat
> ditangan orang bejat.
>
> Mang Ucup:
> Terima kasih untuk komentarnya dari mba Lina yg benar2 tokcer dan
> berbobot
>
> Dasar2 filsafat yg ditulis oleh para cendekiawan tidak pernah ada
yg > bisa di bilang benar mutlak 100%, sehingga bisa dijadikan
pegangan > sepanjang masa, buktinya aliran2 filsafat itu selalu ber-
rubah2, > beda dgn Alkitab yg sudah dipakai sejak lebih dari 2.000
th tetapi > tetap saja isinya tidak pernah berubah.

> Dan perlu juga diketahui bahwa tidak semua filsafat mendukung agama
> sebab di dlm filsafat bisa dibagi dua corak aliran.
>
> Corak yang menyangkut hubungan manusia dengan "Yang Mahakuasa":
> Dalam hal ini, aliran di dalam filsafat ada yang bercorak teistik,
> ada pula yang ateistik. Misalnya, Tomisme memberi tempat yang
tinggi> kepada Tuhan, sedangkan Positivisme menolak teologi.