--- In ppiindia@yahoogroups.com, "adejahja" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> Pak Samudjo mesti bedakan konsep MLM dengan Sistem Binari/
> Pyramid/Money Game

Sorry ikut nimbrung dikit.. :-)
Major/minor bedanya?

Sekarang gini deh, misalnya dari 1000 anggota MLM termasuk
sistem" lain itu, berapa orang yang bisa dianggap 'sukses'
(baca: berpenghasilan > 3-5 juta sebulan dari bisnis MLM)?
Berapa banyak yang cuma bisa mimpi doank (baca: nyetor)?

Intuisi saya, yang masuk kategori 'sukses' paling banyak 10%,
sisanya jadi 'vampire junior'.. harus mencari 'darah baru' atau
mati lemas.. Ada yang bisa kasih pembuktian sebaliknya?
Atau bukti statistik dari jaringan MLM yang ada di Indonesia/luar?

Gak mungkin kan dari 1000 anggota, bisa membuat minimal
500 orang sukses (baca: asumsi 1/2)..
Biasanya kan angka 1/2 dijadikan keramat.. dari x orang yang
anda ajak, 1/2-nya saja, blah blah blah.

MLM 'syurga' selama gak dijadikan komoditi kepentingan duniawi,
saya gak masalah. Logikanya itu bisa memacu kebaikan bersama.
Artinya, mengajak sebanyak mungkin orang ber-amar ma'ruf
nahi munkar, Insya Allah berpahala. Asalkan bukan untuk
kepentingan politik/sesaat (apalagi sesat).

Karena seringkali perekrutan dengan pola MLM inilah (plus prinsip
sami'na wa atho'na pada pemimpin - anti sikap kritis) menjadi
andalan untuk cepat sukses membentuk barisan orang
'mudah dikibulin' dan mendapatkan keuntungan bagi segelintir elit.

IMHO, model MLM (dan variant sejenis) untuk urusan bisnis
maupun kelompok/jama'ah berkedok kelompok kajian agama
yang sesat maupun dekat dengan kepentingan politik tertentu
(apalagi ngibulin masyarakat), mestinya dilarang..

>  Saya sarankan Bapak untuk membaca  Buku Network
> Marketing; Another Form Direct Sales karangan Elizabeth I.
> Kearney, Ph.D dan Michale J. Bandley, PhD. agar persepsi
> "sapi perahan" bisa terkoreksi.

Kalau bukan 'sapi perahan' terus apa namanya?
Money machine? Bukannya filosopinya: 'Money works for you'..
And other peoples (downlines) also works for you, right?

Klo cuma soal bentuk lain dari 'direct sales' sih mungkin masih bisa
diterima. Lain soalnya kalau para pelaku MLM (dan kelompok/
jama'ah) sudah jujur dari awal kepada para prospektus,
bahwa bermain di area ini tidak selalu berhasil.
Banyakan yang hanya jadi pijakan orang di level atasnya.

Kalau semua pelaku MLM jujur seperti ini, saya yakin pola MLM
gak perlu dibenci.. karena kemungkinannya gak bakal laku.
Lah wong, (hitungan saya) maksimal cuma 10% pelaku yang
bisa sukses koq..

> terima kasih
>
> adejahja

Sama"..