Ada yang tau gak? gimana sih bunyi SKB dua menteri itu?

wassalam,
--- In ppiindia@yahoogroups.com, "Ambon" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> HARIAN KOMENTAR
>

> Wapres minta stop kekerasan penutupan gereja
> Cabut SKB Pendirian Rumah Ibadah
>

> Penutupan gereja di beberapa daerah di Jawa Barat dikecam sejumlah
anggota DPR RI dari FKB dan FPD. Mereka mengecam tindak kekerasan
dan main hakim sendiri yang dilakukan sekelompok orang yang
mengatasnamakan agama. Selain itu, SKB dua menteri tentang pendirian
rumah ibadah agar dicabut.

> "Ini jelas pelanggaran hak azasi manusia. Indonesia itu bukan
negara Islam, tapi ber-dasarkan Pancasila yang menghormati kebebasan
ber-agama sebagaimana dijamin UUD 1945," ungkap anggota DPR dari FKB
Effendi Choirie (Gus Choi) dalam jumpa pers di Press Room DPR, Jalan
Gatot Soe-broto, Jakarta, Senin (29/08).

> Islam sebagai agama yang me-ngayomi umat manusia, ditegas-kannya,
tidak mengajarkan ke-kerasan. Karena itu, jika peme-rintah tidak
segera mengatasi dan mengantisipasinya, ulah sekelompok orang itu
akan me-ngancam pluralisme di Indonesia.

> Untuk menghindari hal se-rupa, Gus Choi mengimbau agar Surat
Keputusan Bersama (SKB) dua menteri mengenai perizinan pembangunan
tempat ibadah segera dicabut. Pemerintah di-minta tegas membuat
peraturan yang tidak diskriminatif dan bersifat adil. "Masak orang
Islam buat masjid di mana-mana bo-leh, orang lain dipersulit,"
katanya.
> Sikap kelompok-kelompok ekstrim ini dinilainya sangat membahayakan
Indonesia dan Islam di mata dunia internasio-nal. Kejadian ini akan
membuat Islam dikesankan sebagai aga-ma yang penuh kekerasan dan
Indonesia sebagai negara terbe-sar umat Islam-nya akan diku-cilkan
oleh dunia internasional.

> Hal senada disampaikan ang-gota DPR RI dari FPD Boys Saul. Dia
khawatir jika pemerintah tidak segera mengantisipasi hal itu, maka
kondisi serupa akan bermunculan di sejumlah dae-rah. Sebelumnya,
Jacobus Ma-yong Padang dari FPDIP sempat memprotes aksi penutupan
gere-ja tersebut dalam sidang pari-purna peringatan HUT Ke-60 DPR.
Dia menilai penutupan ge-reja bisa menganggu keutuhan NKRI. Protes
serupa juga disam-paikan Victor Leiskodat dari FPG.

> Pada bagian lain, Wapres Jusuf Kalla mengimbau supaya tindakan
kekerasan dengan cara pemaksaan penutupan gereja tidak terulang
kembali. "Karena kita adalah satu bangsa yang harus menjaga
kerukunan umat beragama. Kepada ormas Islam juga diimbau agar tidak
men-jadikan kekerasan sebagai pe-nyelesaian masalah," ujar Wapres
Jusuf Kalla.

> Hal ini diungkapkannya di depan puluhan ormas Islam di antaranya
NU, Muhammadiyah, Al Irsyad, MMI dan DDII usai menghadiri acara
sosialisasi MoU RI-GAM di Gedung PP Muhammadiyah, Jalan Menteng
Raya, Jakarta, Senin (29/08).

> Dalam kesempatan itu Wapres juga menjelaskan peristiwa masa lalu
tentang pembakaran masjid di lingkungan mayoritas Kristen seperti di
Papua dan pembakaran gereja di lingku-ngan dengan mayoritas muslim
seperti di Makassar beberapa waktu lalu.

> "Saya berharap peristiwa-pe-ristiwa tersebut tidak boleh ter-ulang
lagi," pintanya. Di tempat yang sama Ketua Umum PP Muhammadiyah Din
Syamsudin mengatakan, tokoh Islam dan Kristen harus duduk bersama
untuk membahas soal penye-baran agama. Mengingat peris-tiwa di
Bandung itu tidak dapat dilihat dari penutupan gereja saja namun
mengacu kepada SKB dua Menteri.

> "Selama ini umat Kristen kebe-ratan dengan SKB dua menteri
tersebut. Soal ini juga harus dibahas kedua belah pihak," jelasnya.
Din juga mencontoh-kan penerapan SKB dua menteri yang terjadi di
Bali. Umat Islam yang minoritas di sana yang akan mendirikan masjid,
juga harus melihat jumlah umat Islam di daerah tersebut.

> "Sehingga pada saat dilakukan peribadatan tidak mengganggu umat
Hindu yang mayoritas di Bali," tutur pria yang juga menjabat sebagai
Wakil Ketua MUI ini.(dtc)

Help save the life of a child. Support St. Jude Children's Research Hospital.
http://us.click.yahoo.com/ons1pC/lbOLAA/E2hLAA/BRUplB/TM