30.08.2005

Armstrong : Saya Tidak Pernah Gunakan Doping

Oleh: Chritoph Heinzel

Pembalap sepeda Lance Armstrong akhirnya unjuk suara
terhadap tuduhan media Perancis yang mengatakan bahwa
ia menggunakan doping saat menjadi juara Tour de
France tahun 1999.

Juara tujuh kali lomba balap sepeda Tour de France
Lance Armstrong mengatakan, tuduhan media Perancis
bahwa ia menggunakan zat yang dapat meningkatkan
jumlah sel-sel darah merah atau erythropoeitin adalah
karena mereka tidak dapat menerima kesuksesannya di
ajang balap sepeda khususnya Tour de France.

Lance Armstrong : "Tetapi ini telah berlangsung selama
tujuh tahun. Ini semua dimulai sejak saya menang tur
pertama di 1999. Langsung saja mereka mulai dengan
"headlines" yang penuh skandal, dan kemampuan
jurnalistik yang dangkal. Jadi sebenarnya saya sudah
berurusan dengan ini selama tujuh tahun. Namun,
mungkin kali ini adalah yang terburuk."

Koran Perancis, L’Equipe, hari Selasa (23/08)
mengusung halaman pertama mereka dengan judul
"Kebohongan Armstrong" dan menulis Armstrong telah
menggunakan erythropoietin atau EPO saat kemenangan
Tour de France pertamanya enam tahun yang lalu.
L’Equipe juga menyatakan, bahwa jejak EPO ditemukan di
enam contoh urin Armstrong oleh laboratorium uji
doping nasional Chatenay-Malabry dari hasil tes tahun
lalu. Padahal urin tersebut diambil antara tahun 1998
dan 1999. Ini juga dipermasalahkan oleh Dr. Roland
Augustin, kepala NADA (Agentur Anti Doping Nasional).

Dr. Roland Augustin : "Seberapa jauhkah contoh urin
beku ini dapat dipakai? Apa dapat digunakan jika
dilihat dari sisi biokimia dan hukum? Mampukah mesin
uji tersebut mendeteksi sedemikian jauh ke belakang?
Apakah ada hasil riset yang dapat dipercaya yang
mengatakan bahwa tidak ada perubahan secara biologis
pada materi yang dapat mengakibatkan hasil positif
yang tidak sebenarnya?"

Keraguan seorang ahli ternyata tidak cukup kuat bagi
koran L’Equipe untuk tidak menurunkan berita kasus
doping Armstrong. Pembalap asal Amerika Serikat ini
sendiri sudah mempertimbangkan untuk menuntut koran
tersebut. Lance Armstrong memang sepertinya tidak
pernah luput dari sensasi. Selain prestasinya di balap
sepeda yang luar biasa dan percintaannya dengan
penyanyi terkenal Sheryl Crow, ia juga sempat menjadi
sorotan media saat pada tahun 1996 ia didiagnosa
menderita kanker testis yang telah menyebar hingga ke
paru-paru dan otaknya.

Lance Armstrong : "Saya sudah mengatakan ini lebih
dari tujuh tahun, saya tidak pernah menggunakan
doping. Saya bisa mengatakannya lagi tapi saya sudah
mengatakan ini selama tujuh tahun dan ini tidak ada
gunanya. Tapi intinya adalah saya tidak melakukannya
dan jika Anda mempertimbangkan situasi saya, sebagai
seseorang yang pernah hampir mati, mengapa saya
melanjutkan olahraga ini dan kemudian memakai doping
dan membahayakan hidup saya lagi? Ini gila. Saya tidak
akan pernah melakukannya."

http://www.yahoo.com/r/hs

Give at-risk students the materials they need to succeed at DonorsChoose.org!
http://us.click.yahoo.com/Ryu7JD/LpQLAA/E2hLAA/BRUplB/TM