punten, baru disambung lagi sekarang ...

    ( juga menyambung penjelasan yang sudah diberikan oleh
      mas Muhkito sebelumnya ).

    benar mas Sam, adanya entropi menyebabkab proses-proses
    yang melibatkan transfer energi umumnya tidak reversible,
    seperti yang kita jumpai di sekitar kita.

    Sepintas lalu, kesannya setiap bidang (fisika, termodinamika,
    teori informasi dan bidang-2 lain) masing-2 mempunyai
    rumusan sendiri mengenai entropi. Tetapi kalau dilihat
    lebih seksama, sebetulnya semuanya berdasarkan prinsip
    yang satu/unified. Rumusan entropi secara sederhana:

                         S = k ln (Omega)

    S = entropi, k = konstanta Boltzman,
    Omega = jumlah semua state mikroskopik yang ada
            ( for a given macroscopic state, mis.
              pada suhu T, tekanan P ).

    Misalkan kita tinjau sekumpulan kelereng yang di
    wadahi di dalam sebuah mangkok yang terletak di atas
    meja. Sebelum t = t0, state (misalnya posisi setiap
    butiran kelereng di atas: X = x, y, z ) bersifat
    "well defined", karena berada di dalam mangkok tersebut
    ( confined by the geometry of the mangkok, yang posisinya
      juga kita tahu dengan pasti. Umpamanya posisi setiap
      butir kelereng di atas dapat dirumuskan sebagai:

         x <= Xo + DX
         y <= Yo + DY
         z <= Zo + DZ

    di mana X0, Yo, Z0, adalah sebuat titik acuan di dalam
    mangkok tersebut, sedang DX, DY, dan DZ adalah jarak
    yang berkaitan dengan tinggi dan diameter mangkok.

    Sekarang, pada waktu t = t0, seekor kucing yang naik
    di atas meja tersebut secara tidak sengaja menyepak
    mangkok, sehingga si mangkok terguling dan jatuh di
    lantai. Sudah tentu kelerengnya jatuh berhamburan ke
    segala arah. Setelah t = t0, akan lebih sulit bagi kita
    menentukan posisi setiap kelereng yang sekarang berhamburan
    di lantai. Dengan kata lain, tingkat keteraturan (order)
    dari sistem sekarang berkurang, atau dengan kata lain
    disorder-nya bertambah. Seperti yang dikatakan pak Samujo,
    untuk sistem seperti ini, kita katakan Entropinya n.a.i.k.

    Jika misalnya energi yang digunakan oleh si kucing untuk
    menyepak mangkok tadi sebesar E1 joule, ditambah "bantuan"
    perubahan energi potensial (yang membuat mangkok & kelereng
    jatuh ke lantai) sebesar E2 joule: oran bisa mengajukan
    pertanyaan: Dapatkah 'sistem' di atas di kembalikan ke
    keadaan semula jika kita "invest" jumlah energi yang sama:
    E1 + E2 Joule?. Secara intuitif bisa kita jawab dengan mudah :
    TIDAK!

    Karena sekarang sistemnya lebih "disordered". Dengan kata lain
    akan dibutuhkan "effort" ( = energi ) yang lebih besar untuk
    melakukan proses yang sebaliknya, membawa keadaan yang disorder
    kembali ke keadaan "ordered". Kita bilang, jauh lebih susah
    dan capek pekerjanb memunguti kelereng-2 tersebut dan mengembali
    kannya ke mangkok lalu meletakkan mangkok tersebut di atas
    meja lagi, ketimbang effor yang dilakukan oleh si kucing yang
    "dengan gampangnya" menyepak mangkok tersebut. Dengan kata
    lain, ini merupakan contoh typical sistem yang Irreversible.

    Dari tinjauan teori informasi, kita juga bisa mengatakan bahwa
    pada keadaan semula, sebelum t = t0, microstate dari setiap
    komponen sistem (posisi keleren-2) tersebut highly predictable
    ( bisa ditentukan dengan tingkat kepastian cukup tinggi). Tetapi
    setelah t0, setelah "numpleg", jauh lebih susah bagi kita
    menentukan atau meramalkan microstate (baca: posisi x, y) dari
    setiap butir kelereng. Jadi naiknya nilai entropi, di dalam
    teori informasi ditafsirkan sebagai naiknya "unpredictability"
    of the state of the system.

    Jika butiran "kelereng" di atas diganti dengan molekul-molekul
    gas ideal, dan ruang mangkok serta ruangan di sekelilingnya
    diganti dengan suatu "bejana" yang melingkupi gas ideal tersebut
    yang mengalami perubahan-perubahan (misalnya menerima
    tambahan energi eksternal dari luar sistem, atau melakukan
    /menghasilkan kerja mekanik ke luar sistem), maka analogi di
    atas mendekati situasi yang sering di bahas dalam termodinamika.

ref:
---
<http://www.nd.edu/~jeff/courses/Entropy%20-%20Wikipedia,%20the%
20free%20encyclopedia.htm>

    =====( IM )==========================

---  "Samudjo" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Saya agak bingung dengan istilah  "entropinya sangat tinggi"
> di tempat saya bergaul entropi adalah ukuran dari kemerawak
> rambangan ("chaos") sebagai konsekwensi dari hk termodinamika
> ke 2 dikatakan bahwa untuk proses adiabatik reversibel tidak
> ada kenaikan entropi (=isentropi)
>
> Friksi-friksi yang timbul pada suatu proses juga
> menyebabkan kenaikan entropi Jadi kalau diterapkan
> kepada proses pemikiran seseorang Entropi yang tinggi
> menunjukan banyaknya sumber referensi yang tidak bisa
> dipertanggungjawabkan Sehingga menyebabkan seluruh proses
> itu makin tidak transparant
> [...]

DonorsChoose.org helps at-risk students succeed. Fund a student project today!
http://us.click.yahoo.com/O4u7KD/FpQLAA/E2hLAA/BRUplB/TM