huh? astaghfirullah
Presiden yang lalu lalu kecolongan ?
gedeg abissss,

wassalam,

--- In ppiindia@yahoogroups.com, "Ambon" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> Analisa Daily
>
> Terbongkar, Penyelundupan BBM Skala Besar
> Rugikan Negara Rp 8,8 Trilyun/Tahun
>
> Jakarta, (Analisa)
>
> Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengumumkan bahwa TNI dan Polri,
Bea Cukai dan instansi pemerintah lainnya berhasil membongkar
kejahatan penyelundupan BBM di berbagai wilayah di tanah air yang
setiap tahun merugikan negara Rp8,8 trilyun.

> Pengumuman tersebut disampaikan Presiden yang didampingi Kapolri
Jenderal Polisi Sutanto, dan Menkopolkam Widodo AS usai Sidang
Kabinet di Kantor Kepresidenan, Jakarta, Kamis.

> "Sampai saat ini ada 17 kapal yang ditahan dan disita 6.000 ton
BBM, ditangkap 58 orang, 18 orang di antaranya pejabat atau oknum
pegawai Pertamina, dan lima WNA," kata Presiden.

> Menurutnya, dari penangkapan tersebut pemerintah berhasil
menyelamatkan Rp52 milyar dari kejahatan yang akan mereka lakukan
dan tiap tahunnya telah merugikan negara Rp8,8 trilyun.

> "Saya tidak habis pikir pipa bawah laut yang garis tengahnya 1,5
meter dan panjang tujuh mil begitu mudah mengalirkan BBM untuk
diselundupkan yang merugikan negara dalam jumlah yang sangat besar,"
katanya.

> Kejahatan itu, kata Presiden, tidak hanya terjadi di perairan
Kalimantan Timur tapi juga terjadi di Riau, Batam, perairan Arafura,
dan beberapa tempat di Jawa Timur serta Cilacap.

> "Saya memerintahkan Kapolri dengan supervisi Kantor Menkopolkam
agar operasi pemberantasan kejahatan ini diteruskan di semua
daerah," kata Presiden.

> Presiden mengatakan, sehubungan dengan terbongkarnya kejahatan
tersebut, Presiden Jumat (9/9) akan memanggil jajaran direksi
Pertamina untuk menghadap sekaligus untuk mempertanggungjawabkan apa
yang telah terjadi selama ini di Pertamina.

> "Setiap tetes BBM tidak boleh dibiarkan menguap dan jatuh pada
tangan-tangan yang tidak bertanggung jawab. Kalau ada jajaran
direktur Pertamina yang terlibat akan ditindak tegas. Saya sudah
mendapatkan nama-nama mereka tapi biarkan investigasi berjalan
dahulu," katanya.

> Sementara itu Kapolri Jenderal Polisi Sutanto dalam kesempatan
sama menjelaskan, bahwa penyelundupan BBM melibatkan banyak jaringan
yaitu wilayah barat seperti di Kepulauan Riau yang sudah berlangsung
sejak didirikan Otorita Batam.

> "Kita telah berhasil mengungkapkan jaringan yang 70 persen
penyelundupan BBM di wilayah barat Indonesia dilakukan oleh jaringan
ini," katanya.

> Jaringan lainnya terdapat di Kalimantan Timur dan pihak Polri, TNI
AL, serta Bea Cukai berhasil mengungkapkan penyelundupan BBM melalui
pipa bawah laut dengan panjang tujuh mil dari tepi wilayah perairan
Kalimantan Timur.

> Pencurian BBM tersebut dilakukan malam hari dengan modus operandi
minyak yang diambil digantikan dengan air laut di kapal tanker
dengan jumlah sesuai yang diambil untuk diselundupkan ke luar
negeri.

> "Ini jelas suatu kejahatan yang sangat tidak bermoral dan merusak.
Selain mengambil mereka juga merusak BBM yang dicampur air laut. Ini
sudah berlangsung cukup lama dan yang bertindak sebagai nakoda kapal
adalah mantan kapten kapal milik Pertamina yang sudah tahu seluk
beluk penyelundupan BBM," katanya.

> Menurut Sutanto, pihak yang terlibat dalam kejahatan tersebut
adalah pejabat Pertamina dari Kaltim serta warga negara asing (WNA).

> Sementara kejahatan yang terjadi di Jawa Tengah juga melibatkan
wilayah Indonesia Timur yang di antaranya berasal dari Sorong.

> "Jaringan Jawa Timur meliputi Bitung, Makassar, Laut Arafura. Di
laut Arafura banyak kapal ikan dari negara-negara asing yang
ternyata menggunakan BBM bersubsidi dalam jumlah yang sangat besar,"
katanya. (Ant)

1.2 million kids a year are victims of human trafficking. Stop slavery.
http://us.click.yahoo.com/X3SVTD/izNLAA/E2hLAA/BRUplB/TM