ngomong2 kalau suatu ajaran sudah memiliki kitab suci yang berbeda, nabi yang
berbeda, dan hal mendasarnya sudah beda, apakah masih bisa dianggap sebagai
suatu aliran dari suatu agama. atau justru malah bisa dikatakan sebagai agama
baru? karena sebagai seorang Islam saya sampai sekarang gak bisa menganggap
Ahmadiyah sebagai aliran dalam Islam, seperti misalnya Muhamadiyah, NU, dsb.
saya cenderung menganggapnya sebagai agama baru yang berbeda dari Islam. karena
secara fundamental memang berbeda. seperti halnya hubungan antara Kristen dan
Katolik. salahkah juka saya beranggapan seperti itu....?????

Nugroho Dewanto <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

bu carla,

maaf, kemarin saya sudah pulang, tak bisa menanggapi
lagi....

saya surprise anda menganggap aliran unitarian, mormon
dan saksi jehovah menyimpang seraya membandingkannya
dengan children of god atau sekte hari kiamat semacam
pimpinan david koresh.... padahal yang satu mengajarkan
yang baik-baik saja dan tak pernah bermasalah secara
hukum, sedangkan yang satu lagi menimbulkan persoalan
sosial dan bermasalah secara hukum....

paham agama anda sebangun dengan sebagian pemeluk
islam di indonesia yang menganggap ahmadiyah
menyimpang....

tapi saya mengerti di kalangan pemeluk kristen juga
ada perbedaan dalam mensikapi perbedaan.... jemaah
gereja advent, misalnya, tenang-tenang saja mendengar
pendeta robert walean menjelaskan ajaran islam hanif....
sejauh ini sang pendeta tak dianggap menyimpang....

salam,

At , you wrote:

>pak Nugroho,
>
>perbedaan dan penyimpangan adalah konteks yang berbeda.
>ajaran freemason, mormon, jehovah menyimpang dari injil itu sendiri bahkan
>yehovah n mormon punya kitab sendiri, anyway, yang menjadi tolak ukur atau
>bench mark dari aliran2 kristen saat ini adalah konsep ke Ilahan Kristus
>dan Injil seperti gereja2 mula2 jaman Rasul2 Kristus,  aliran2 seperti
>baptist, lutheran, calvinist, presbyterian, pentecostal, advent,
>charismatic, orthodox, methodist, and chatolic mempunyai root yang sama dan
>konsep pemahaman yang sama dan berpegang pada Injil.

> [...]

Cultural diversity Indonesian languages Indonesian language learn

Give at-risk students the materials they need to succeed at DonorsChoose.org!
http://us.click.yahoo.com/Ryu7JD/LpQLAA/E2hLAA/BRUplB/TM