At 02:55 AM 9/19/05 +0000, you wrote:
>Iya mas Nug. Memang ada penyempitan makna sekarang ini. Andaikan
>kita ikutin makna yang sudah dipersempit ini yaitu makna
>ulama=agamawan, maka tradisi berbeda pendapat itupun nyatanya tak
>bisa dipungkiri kok. Saya pikir tidak ada yang mau meminggirkan utk
>berbeda pendapat.

============

mudah-mudahan begitu, mbak.... maka, aneh bila berbeda
pendapat sedikit lalu menuduh pihak lain sesat, kena
azhab, dst..... seseorang memang harus proporsional.....
dan baik kiranya bila definisi alim/ulama dikembalikan
seperti awalnya....

dunia akademis tempat para alim/cendekiawan bertukar
gagasan adalah profan.... bukan dunia suci tempat
singgasana para dewa.....

menurut ajaran islam, bahkan membuat kekeliruan pun
para alim masih mendapat pahala satu, kalau teorinya
benar pahalanya dua.....

ajaran ini sebetulnya insentif yang luar biasa buat
perkembangan ilmu pengetahuan.....

dan Tuhan telah memerdekakan manusia, tapi anehnya
kita senang dijajah otoritas buatan kita sendiri.....
ketika Tuhan menyatakan tak ada yang suci kecuali
Zatnya, kita malah menganggap lembaga anu suci,
lembaga ini suci, dst.......

salam,

Make a difference. Find and fund world-changing projects at GlobalGiving.
http://us.click.yahoo.com/j2WM0C/PbOLAA/E2hLAA/BRUplB/TM