Apa yang mbah pandang sejauhmata Mbah adalah didunia europe. Gimana
dunia lainnya? Mungkin belum pernah memandangnya. Bukalah mata untuk
memandangnya. Dunia lain akan bercerita lain. Let it be

Pacaran, kalau mau diambil arti positifnya dan ini tidak dilarang
agama, adalah masa pengenalan or perkenalan antara masing-masing
individu dan keluarga. Yang dilarang (dan yang saya katakan tidak
ada dalam Islam istilah pacaran spt ini) adalah mojok berdua2an,
pegang2an, cium2an, etc yang akan menjurus kepada zinah yang
sesungguhnya.

Berapa sih waktu yang dibutuhkan untuk mengenal pasangan kita ato
mengenal keluarga pasangan? Cukup 1, 2, or 3 tahun waktu pengenalan
(pacaran) itu? Tak akan pernah cukup. Seumur hidup kita akan belajar
mengenal dan menerima pasangan kita dan itu artinya dengan menikah.

Yang saya mau tekankan lagi adalah, ini untuk yang belum menikah..:-)
Menikahlah karena cinta akan Dia, Menikahlah karena Allah. Yang lain
akan menjadi ringan. Insyaallah kalau itu niatnya, masa pacaran yang
seronok tak akan pernah mampir.

Cinta kepada lawan jenis yang menggebu-gebu hanya datang sesaat,
dikala kita sedang menjadi seorang yang sangat egois. Jadi, sekali
lagi menikahlah karena cinta kepadaNya. yyyuk yaaa yyuuuuk...:-)

Wassalam,

--- In ppiindia@yahoogroups.com, "RM Danardono HADINOTO"
<[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> [...]
> semua melalui masa pacaran (kadangkala tahunan), yang kalau
> berkembang dan tidak terpeleset, menjadi tunangan, baru lamaran,
dan
> akhirulkalam, pernikahan.
>
> Kecuali dimasyarakat pedesaan, saya lihat yang dipertunangkan
sejak
> muda atau masih kanak kanak (terutama di India). Lalu, tanpa bak
atau
> buk, dinikahkan.
>
> Pacaran sesudah nikah, seperti dianjurkan mBak Lina, seringkali
> bagaikan "nasi telah menjadi bubur". Bubur ayam...

istilah "korupsi", "selingkuh", "globalisasi", "gossip", "pura/gereja

diduain..ditiga-

*

*

_
> ____

> otokritik)
> dikomentari.

Help Sudanese refugees rebuild their lives through GlobalGiving.
http://us.click.yahoo.com/V8WM1C/EbOLAA/E2hLAA/BRUplB/TM