saya masih menebak-nebak siapa gerangan ayah
pak danardono.... apakah prof sartono....? sayang
memang saya tak sempat berjumpa beliau..... saya
hanya sempat diajar prof selo soemardjan....

fh/ipk sudah berpisah menjadi fh ui dan fisip ui sejak
1970-an ketika kampus masih di rawamangun.....

saya generasi yang nanggung..... masih terlalu muda
(malah belum kuliah) untuk ikut ramai-ramai mahasiswa
melawan rezim orde baru di akhir 1970-an.... dan sudah
tak lagi muda (sudah lama lulus kuliah) ketika mahasiswa
menumbangkan orde baru di tahun 1998....

zaman saya kuliah kayaknya kurang gaul kalau tak
membaca dan mendiskusikan frankfurt school dan
aliran new left lain..... juga mempelajari gerakan
mahasiswa pemberontak di eropa: daniel cohn-bendit di
perancis dan joschka fischer di jerman. juga wuer
kaixi di cina....

saya juga mengkoleksi buku-buku syariati, hasan al
banna, muttahari, dan siapa tuh pentolannya jemaat
islami di pakistan....?

pemikiran politik pada founding fathers juga menarik
untuk dibaca dan didiskusikan.... mulai dari yang paling
kiri sampai yang paling kanan.... dari bung karno,
bung hatta, sjahrir, natsir, tan malaka, amir syarifudin,
agus salim, dll....

salam nostalgia juga,

At 09:41 AM 9/22/05 +0000, you wrote:
>Mas Nug, sayang anda sudah tak alami diajar almarhum ayah saya, yang
>juga dekan FHUI/IPK (Ilmu Pengetahuan Kemasyarakatan) kala itu. Ayah
>sempat ikut mendirikan jurusan ini di UI, setelah bertahun tahun,
>sejak 50an, mengajar  dan merintis pendirian jurusan sosiologi di
>PTPG (Perguruan Tinggi Pendidikan Guru) di Lembang, Bandung (1955).
>
>Nostalgia, saya ingat membaca buku buku Herbert Marcuse, Theodor
>Adorno, kala kuliah di Uni Vienna, tahun 60an akhir. Pemikiran mereka
>ini sangat membentuk generasi 68, generasi "pembrontak" yang membakar
> [...]

Give at-risk students the materials they need to succeed at DonorsChoose.org!
http://us.click.yahoo.com/Ryu7JD/LpQLAA/E2hLAA/BRUplB/TM