** Info Beasiswa Indonesia http://informasi-beasiswa.blogspot.com **
Wasiat Filsafat Roger Garaudy

Cuplikan2 dari Amanat dari Kitab-Kitab Suci

Diperlukan perjalanan panjang dan sukar untuk memahami
pemisahan diri Barat.
Dalam perjalanan rsmi ttg filsafat, segala sesuatu
menjadikan kita tidak sadar. Baru sesudah 50 tahun,d
an terus terang, sesudah gerakan mahasiswa tahun 1968
yang kabur dan gagal, yaitu ketika saya menjadi guru
besar di suatu universitas, saya dengan rasa marah
menyadari bhw saya telah menajdi korban pemalsuan dan
pemotongan-pemotongan. Saya telah mengikuti semua
pelajaran filsafat dant elah memperoleh segala amcam
diploma, termasuk “doctora d’Etat”, tetapi saya sama
sekali tidak mengetahui filsafat di luar Dunia Barat.
Memang, di universitas mana saja di Barat, orang dapat
emngajar filsafat tanpa pegnetahuan mengenai filsafat
Cina, India, Islam dll.

Secara pribadi, saya harus belajar lagi lebih-lebih
ttg pegnetahuan saya yang lama. Itulah yang pernah
saya tulis dalam nada marah, dalam buku saya “Pour Un
Dialogue Des Civilisations. L’Ooccident Est Un
Accident” (Untuk Dialog Antar Peradaban. Barat Adalah
Suatu Kebetulan). Kemudian saya menulis “bagaimana
Manusia menjadi Manusiawi” yang ingin membuktikan
bahwa dalam sejarah kemajuan manusia, bagian dari
Kebudayaan Barat adalah jauh daripada Eksklusif, dan
bukan yang terbesar atau yang terbaik.

Rupanya perlu dimulai dari permulaan lagi, yakni
menulis “contre-histoire”, sejarah yang menyangkal
sejarah yang ada. Buku seperti itu perlu ditulis bagi
yang kalah, karena sejarah selalu ditulis oleh orang
yang menang. Dan kemenangan tentara yang paling kuat
tidak selalu berarti kemenangan kebudayaan yang paling
tinggi.

Sejarah dan kebudayaan tersebut tidak saya pelajari
dari buku2 pelajaran atau guru-guru saya, dari
disertasi teman2 saya tapi saya belajar dari
Kitab-Kitab Suci.

[insyaallah bersambung]

http://mail.yahoo.com

Help save the life of a child. Support St. Jude Children's Research Hospital.
http://us.click.yahoo.com/ons1pC/lbOLAA/E2hLAA/BRUplB/TM