--- In ppiindia@yahoogroups.com, "Ari Condro" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> 1. emang sejak kapan ada lat ukur level dosa ?

LD:Sejak adanya ajaran Tauhid. Syirik itu menjadi level dosa yang
paling gede. Karena dari sini akan banyak merembet ke dosa-dosa
lainnya.

> 2. Dan sejak kapan orang Islam menciptakannya ?  kata kata mbak
Lina> mengesankan demikian seh ...

LD: Sejak para ulama berijtihad untuk menegakkan hukum. Sehingga
kemudian turun menjadi maling ayam hukumannya penjara 2 hari
(misal), KTT hukum mati (misal jg).

> 3. Alaat alat ukur pahala juga gak, biar bisa bikin kompensasi
dosa secara> akurat :))

LD: Menurut saya sih pahala juga ada yg gede ada yang kecil. Gimana
hitung-hitungan pastinya cuma Allah yang tahu. Ini berdasarkan :
"Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya
dia akan melihat (balasan)nya.  Dan barangsiapa yang mengerjakan
kejahatan sebesar dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan)nya
pula.(QS99:7-8)"

> 4. Btw, halal, haram, makruh, sunnah, jaiz bikinan nabi atau
bikinan ulama ?

LD: Ijma' para ulama dengan bersumber kepada AlQur'an dan Hadist
Nabi SAW, karena kan Nabi SAW sendiri bilang yg intinya kalo soal
kehidupan, kamu yang lebih tau. Jadi, bisa diartikan soal hukum itu
silakan berijtihad, asal jangan keluar dari AlQur'an dan Hadist.
AlQur'an dan Nabi SAW, bilang babi itu haram (apa ini bukan hukum)

Tapi tenang aja masarcon, rahmat dan kasih Allah itu lebih banyak
dan besar daripada dosa-dosa semua manusia, asal manusia itu mau
taubat kan?

> salam,
> Ari Condro

weassalam,

1.2 million kids a year are victims of human trafficking. Stop slavery.
http://us.click.yahoo.com/X3SVTD/izNLAA/E2hLAA/BRUplB/TM