Message: 1
  Date: Tue, 18 Oct 2005 01:07:51 -0700 (PDT)
  From: tylla subiyantoro <[EMAIL PROTECTED]>
Subject: Re: Re: Bahasa Lelalki dan Bahasa Pere-->Buat pendukung
feminisme Barat

Dearest Mbak Lina..:D

Sebagai seorang pro feminis yang percaya sama social being determines
social consiousness....saya sama sekali tidak mampu mencerna bahasan
positivist cenderung sexist yang dikemukakan oleh John Gray
tersebut..hehehehe..karyanya dia ini buat saya justru jadi salah satu
contoh bagus dan gamblang dari kultur yang sexist cenderung
patriarkis..hehehe

Cheers..

Ada suatu kutipan dari John Gray, seorang pakar Amerika kontemporer
dalam bukunya "Men are from Mars, Women are from Venus":,"Lelaki
cenderung masuk ke 'gua'nya, yakni menyendiri bila mengalami stress,
sementara perempuan semakin bingung dan terlibat secara emosional.
Dalam situasi demikian, kebutuhan lelaki akan rasa nyaman berbeda
dengan kebutuhan perempuan. Lelaki merasa lebih baik dengan
menyendiri utk memecahkan persoalan, sedang perempuan merasa lebih
nyaman berkumpul bersama dan secara terbuka membicarakan kesulitan
yang dihadapinya...

Bahasa perempuan berbeda juga dengan bahasa lelaki. Bahasa Mars
(lelaki) dan Venus (pere), kata-katanya memang sama, tetapi
penggunaannya memberi makna yang berbeda. Disamping itu, untuk dapat
mengungkapkan perasaan secara utuh, perempuan menggunakan berbagai
macam superlatif, metafora, dan generalisasi, berbeda dengan lelaki."

Lelaki diibaratkan—oleh John Gray—dengan karet gelang. Saat menarik
diri, mereka hanya dapat mengulur sejauh mereka dapat mengerut.
Sedang, pere spt gelombang. Bila merasa dicintai, harga dirinya naik
turun dalam gerakan gelombang. Saat merasa tenang, ia akan mencapai
suatu puncak, tetapi suasana hatinya bisa berubah dengan tiba-tiba
dan gelombangnya akan terhempas turun. Tetapi penurunan ini
sementara. Setelah mencapai dasar, tiba2 suasana hatinya berubah
lagi dan ia kembali merasa senang akan dirinya. Otomatis
gelombangnya naik lagi.

wassalam,

Z:mbaca diskusi kalian bdua, jadi ingat suasana diskusi aku dan
adikku [ikhwan], saat dia keukeuh dengan JTnya [jamaah tablig] dan
bajing loncatku di banyak holakoh [pengajian kecil].....
kalimat wakti itu, kira2 begini:
"Kenapa gak bisa buka sdikit pemikiran, bahwa ketika JT dianggap
menyimpang, accept it n prove that it was wrong???"
"We cant. Coz, that wrong so strict in most of their mind, n might be
urs too...where's the chance then? In us, u're sunny".
"Who said that?"
"Coz, ur not JT, nor M or Nu or anything. Those who were not in one
of that other, we call them sunny. so, just accept it, like u want us
to accept all the sunny's thought...".
Aku jadi terdiam. Iya yah...aku ikut holakoh salafi, hmi juga
jalan...so many ways of thinking...knapa memaksakan salah satunya?
Toh, takaran adil dan berhasil tidaknya kita sbg manusia,
timbangannya telah diMAHA YANG TERADIL...knapa takut?knapa tidak
bersegera memperkaya diri sendiri tanpa sibuk 'ngrecoki' otak orang
lain?...wallahu'alam bissawab

Get your own Web-based E-mail Service at http://www.zzn.com

Help save the life of a child. Support St. Jude Children's Research Hospital.
http://us.click.yahoo.com/ons1pC/lbOLAA/E2hLAA/BRUplB/TM