--- In ppiindia@yahoogroups.com, "Rio Wardhanu" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Boleh bertanya sekaligus konfirmasi lagi Mas Danar?
> :
> Yang saya maksudkan adalah Uni Soviet (glasnots dan Perestroika :maap
> kalo salah mengeja) yang Bubar..(bukan Rusia);
> Karena mereka dulu bisa ngimbangi US, tapi akhirnya terseret dalam
> keterpurukan...
> Bukan begitu?
> Yang jadi patokan adalah umur dari kedaulatan sebuah wilayah kekuasaan
> (negara).
> Memang sih rakyat-nya sama tapi kan negaranya dibubarin dulu...

Sesama scholar di bidang public finance, pada waktu membahas
desentralisasi vs. sentralisasi di RI, kadang kami punya anekdot:
Indonesia itu sebaiknya bubar dulu, bentuk negara2 yang lebih
kecil/regional. Jelas2 kita itu heterogen tapi kok semua peraturan dan
cara berpikir mau dibikin seragam secara nasional. Supaya masing2
lebih bisa ngatur dan diatur sendiri. Supaya ibukota (baca pusat
kekuasaan) tidak terlampau jauh jaraknya.

Biar nanti puluhan tahun atau ratusan tahun mendatang, setelah
semuanya lebih "dewasa" dan merasa saling membutuhkan gabung lagi
kayak EU itu. Biarlah "seleksi alam" akan membantu proses pembelajaran
ini.

Oya, satu lagi keuntungannya kalo kita bubar sebentar: utangnya bisa
hilang. Kan yang ngutang Indonesia, nah yang sekarang ada cuma Jakarta
state, Sunda state, Mataram state, South Sumatera state, dll...
Gak ada utang LN.. asik..

wah.. saya bisa diincar intel nih..

Give at-risk students the materials they need to succeed at DonorsChoose.org!
http://us.click.yahoo.com/Ryu7JD/LpQLAA/E2hLAA/BRUplB/TM