"tanyalah pada ahli-ahli arkeologi dan antropologi, adakah
peradaban maju di masa lalu yang tak memiliki sistem
ketuhanan/kepercayaan/agama....? bahkan sistem
kepercayaan/agama termasuk yang pertama diajarkan
dalam mata kuliah pengantar antropologi......

atau berilah saya contoh/bukti satu saja peradaban tinggi
di masa lalu yang tak mengenal Tuhan/sistem
kepercayaan......."

DH: Kalau yang ini, saya setuju sekali.

Mungkin saya agak salah faham, dan menyangka, bahwa peradaban tinggi
adalah DISEBABKAN agama. Jadi, ada sifat kausal.

Kalau dikatakan, "ada peradaban tinggi DAN mereka bertuhan", ini saya
setuju. Yang saya berkeberatan, karena tak mungkin dibuktikan, adalah
ada peradaban tinggi KARENA mereka beragama".

Mengapa? Simply, kalau benar demikian, maka tiap masyarakat beragama,
automatically akan berperadaban tinggi, dan secondly, tak ada
peradaban yang menurun apabila atau selama mereka beragama.

Saya setuju, historically, sepertinya fakta, bahwa setiap bangsa
berperadaban tinggi menyembah Tuhan (atau Tuhan Tuhan), namun,
pembuktian terbalik, yang mutlak bagi system logika, bahwa yang
berTuhan SELALU berperadaban tinggi, tak terbukti.

Dan, saya percaya bahwa telah ada "system kepercayaan", dan bukan
agama sebagaimana kita kenal sekarang. Ini simply karena terbukti
historis, seperti mas dan kita semua yakin, bahwa kepercayaan yang
menumpu peradaban tinggi Mesir kuno, Maya, Assyria, Phunisia,
Tiongkok, Persia kuno, dll, BUKANLAH agama yang kita kenal sekarang.

Kita juga belajar dari sejarah, bahwa peradaban tinggi seringkali
disapu bersih oleh peradaban yang lebih rendah (barbar). Lihat contoh
Vandals, Huns, dll yang menyapu bersih budaya lokal yang telah sangat
tinggi. Romawi barat misalnya.

Apakah peradaban tinggi selalu luhur, mas, saya belum yakin. Bangsa
Romawi yang gemar melemparkan budak untuk diadu dengan singa,
mencambuk para budak untuk membangun monument serta mendayung
dikapal? Entahlah. Demikian juga para warga Mesir kuno dizaman Firaun
yang sangat tinggi peradabannya (apalagi dalam bidang tekhnologi),
mendera, mencambuk, memperbudak bangsa bangsa yang mereka tundukkan,
antara lain umat Israil.

Konon khabarnya, bangsa Maya yang kala itu sangat tinggi
peradabannya, juga sangat kejam lho mas. Juga masyarakat Persia kuno.
Raja raja mereka memerintah dengan kekuasaan yang super absolut.

Demokrasi? HAM? kesejahteraan manusia? bagi para elit kala itu, mas,
tetapi tidak bagi masyarakat budak, yang berjimbun mengabdi pada para
elit.

Salam

danardono

--- In ppiindia@yahoogroups.com, Nugroho Dewanto <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> [...]
> peradaban yang mulai mengalami dekadensi..... mereka
> tak lagi menangkap api ajaran yang luhur, tapi cuma
> menangkap abunya....... formalnya mereka menyembah
> Tuhan, tapi esensinya mengabaikan-Nya.....
>
> tanyalah pada ahli-ahli arkeologi dan antropologi, adakah
> peradaban maju di masa lalu yang tak memiliki sistem
> ketuhanan/kepercayaan/agama....? bahkan sistem
> kepercayaan/agama termasuk yang pertama diajarkan
> dalam mata kuliah pengantar antropologi......
>
> atau berilah saya contoh/bukti satu saja peradaban tinggi
> di masa lalu yang tak mengenal Tuhan/sistem

Amerika
Jerman

http://us.click.yahoo.com/dpRU5A/wUILAA/yQLSAA/BRUplB/TM