Memang susah sih, beragama ria lalu mencoba bernalar. kalau kita
percaya pada agama, misalnya agama agama Semit, Yahudi, Kristiani dan
Islam, maka ya monggo percaya apa yang tertulis didalamnya.

Kebetulan kisah Adam dan Eva ada didalamnya, mulai dari Taurat, lalu
dalam Injil, dan Quran. Ya, mau tak mau, yang menganut Kitab Suci itu
harus menerimanya seperti adanya tertulis didalamnya. Lha namanya
saja sudah Kepercayaan, ya kan?

Manusia didunia ini. Lebih dari sekedar yang penganut ketiga agama
itu. Ajaran diluar agama Semit tak pernah mengajarkan adanya Adam
atau Eva. Lha wong ini berasal dari Kitab Suci kaum Semit. Di Timur
Tengah. Disekitar Laut tengah dan Laut Mati.

Seperti misalnya, di Minahasa asal manusia bukan dari Sangkuriang,
tapi Toar dan Lumimuut. Masak orang Minahasa harus percaya
Sangkuriang? Orang Jawa juga tak menganggap Hang Tuah itu pahlawan,
lha kenal aja tidak kok.

Nah, seperti mbak Lina katakan, orang juga bingung kalau dikatakan,
Tuhan jadi manusia, manusia jadi Tuhan, karena ini juga bersifat nir-
nalar. Atau satu jadi tiga, tiga jadi satu.

Yang percaya ya monggo, yang tak percaya ya monggo. Adam dalam Kitab
Quran memang beda dengan Adam yang digambarkan dalam Taurat dan
Injil. That's it.

Arkeologi mungkin kadang kadang jalan sejajar dengan kisah dalam
Kitab Suci, namun tidak harus demikian. Lha nabi Nuh sendirian mampu
membuat kapal, lalu kumpulkan hewan hewan, kan yan sulit di-
arkeologikan?

Namanya juga "Aku percaya". Ya kan?

salam

Danardono

--- In ppiindia@yahoogroups.com, "Lina Dahlan" <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> [...]
> gak kumat bisulnya he..he..he..

> ada itu tulisan ttg Adam dan Hawa, la tapi kok tak ada bukti
> arkeologisnya??  Kalau pakai nalar kok ya gak ketemu si Nabi Adam
> dan Hawa ini. Apakah beragama harus menghilangkan nalar?

> Darmaputera, yg ngebuktiin kehebatan, kebenaran suatu
> hal/benda/institusi kan harus orang lain atau sumber lain yg
> independen toh?!!!  Benul atau benul?

> terbaik, terpinter, terromantis, terhebat sexnya dstnya
> dengan "bukti-bukti"nya omonganku tok,  kan sampeyan ya nggak
> percaya toh?!  ...he..he.. kalau percaya omonganku tok ya.. wis

logis!"   ...

> ******
> Indonesia yg Lebih Baik, in Commonality & Shared Destiny.
> http://www.ppi-india.org

> ******

> _____

> otokritik)
> dikomentari.

> Service.

Help save the life of a child. Support St. Jude Children's Research Hospital.
http://us.click.yahoo.com/ons1pC/lbOLAA/E2hLAA/BRUplB/TM