Boleh nimbrung ?
Menurut pendapat saya penyebab mundurnya peradaban Islam adalah banyaknya
potensi yang disia siakan
Separuh dari populasi Islam yang berjenis kelamin perempuan tidak boleh
ikut memikirkan masa depan ummat
Seperempat dari populasi Islam berjenis kelamin laki-laki sibuk
memikirkan kelanggengan kekuasaannya terutama terhadap ancaman gender
Alhasil cuma seperempat dari populasi yang ikut memikirkan masa depan
ummat
Sesungguhnya ide dasar Islam sangat menaruh perhatian terhadap masa depan
ummat
Bagaimana masyarakat ditata melalui sendi perkawinan sehingga bisa
terjamin kelangsungan generasi berikut
Bagian masyarakat yang belum terangkul dalam sebuah keluarga dicoba
dimasukkan dengan cara penganjuran pemeliharaan anak yatim
Pemuda-pemudi yang sudah akil baligh dianjurkan untuk mengikatkan diri
dalam sebuah lembaga perkawinan
Namun penataan yang demikian sempurna itu dimentahkan dengan penafsiran
semberono dari ayat2 polygami.
Alih-alih merangkul anak yatim, malah menyengsarakan anak sendiri.
Orientasi pemimpin ummat berubah dari penciptaan masadepan menjadi
pemuasan aneka sahwat duniawi belaka.
Jadi hemat saya, tidak ada dan tidak perlu ada pemisahan antara yang
profan dan yang kekal
Keduanya harus saling menunjang sehingga sepenuh potensi umat bisa
dikerahkan untuk mengatasi kemuduran ini
Sungguh tragis kesempurnaan peradaban Islam telah dihancurkan hanya
karena salah tafsir beberapa ayat AlQuran belaka
WaLlahu a'lam wassalam,
Samudjo