dalam Agama budha, wujud ke-tuhanan dapat dilihat dalam wujud perbuatan
baik atau darma dan pengosongan diri, semakin banyak darma dan semakin
banyak manusia mengosongkan diri untuk hal2 yang ragawi,semakin tinggi
manusia itu dalam menuju Budha, dalam budha ada suatu kepercayaan bahwa
intinya setiap manusia dapat menjadi seorang Budha..reward dari berdarma n
pengosongan diri dari hal2 ragawi adalah menjadi seorang Budha.., sudah
menjadi idealisme orang2 yang beragama budha untuk menjadi seorang
"Budha",menjadi seorang "Budha" adalah seorang yang telah mencapai
nirwarna.

dalam budha juga ada kepercayaan surga dan neraka, jadi sistem penghukuman
akan setiap perbuatan baik dan jahat yang sebenarnya ada persamaannya
dengan agama2 semit.

             Nugroho Dewanto
             <[EMAIL PROTECTED]
             mpo.co.id>                                                 To
             Sent by:                  ppiindia@yahoogroups.com
             [EMAIL PROTECTED]                                          cc
             ups.com
                                                                   Subject
                                       Re: [ppiindia] Re: dialog santun
             10/27/2005 02:47          Kristen-Islam
             PM

             Please respond to
             [EMAIL PROTECTED]
                  ups.com

tks pak danar sudah membantu menjawab.....

dalam penggambaran tentang Tuhan dan hubungan
dengan sesama manusia, sebetulnya ada benang
merah antara ajaran budha dan agama-agama semit.....

ajaran budha tak terlalu "memusingkan" (wujud) Tuhan,
yang penting adalah darma = berbuat baik kepada sesama....

dalam ajaran yahudi dan kristen (perjanjian lama), istilah
yahwe adalah persis "dia yang tak mau disebut namanya..."
yang dilakukan yesus adalah terus menerus mengajarkan
kasih kepada sesama.....

dalam islam, ada larangan keras menggambarkan
wujud Tuhan..... bahkan tak usah pula menghabiskan waktu
terlalu banyak memikirkan wujud-Nya.... "tak usah memikirkan
Zat-Ku, pikirkan ciptaanKu...." dan manusia diajarkan untuk
mengasihi dan menyayangi sesama, dengan muhammad
(dan nabi-nabi sebelumnya) sebagai teladan.....

salam,

At 06:08 AM 10/27/05 +0000, you wrote:
>"...bedanya Agama2 samawi bukan membawa perubahan yg significant
>dalam bentuk penciptaan physical, agama2 samawi membawa ajaran2 yang
>lebih tinggi, ajaranya gak cuma melengkapi n memenuhi kebutuhan
>spiritual manusia, tp juga intellectual, dan emotional manusia..."
>
>Mungkin, tak semudah itu, kita mengatakan, bahwa agama suku suku
>Semit, lebih tinggi dsb. Kita harus mendetail dalam melihat
>masalahnya. Misalnya, apakah kita definisikan, apakah itu "agama
>sebelum agama Semit".
>
>Seperti mas Nugroho simpulkan, idee monotheismus sudah exist ribuan
> [...]

DonorsChoose.org helps at-risk students succeed. Fund a student project today!
http://us.click.yahoo.com/O4u7KD/FpQLAA/E2hLAA/BRUplB/TM